Minggu, 28 April 2024

Akhir Pekan, Cuaca Sebagian Besar Jatim Berpotensi Cerah hingga Berawan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi langit cerah berawan. Foto: Freepik

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di hampir seluruh wilayah Jawa Timur (Jatim), Minggu (15/10/2023) hari ini, berpotensi cerah seharian.

Keterangan yang diterima suarasurabaya.net, potensi hujan intensitas ringan diprakirakan hanya terjadi di Kabupaten Pasuruan pada siang hari, serta Kota Batu pada siang sampai malam hari.

Selebihnya, untuk Surabaya Raya (Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo dan Gresik), Pulau Madura, dan wilayah Jatim lainnya berpotensi cerah hingga berawan.

Suhu udara di Jatim hari ini diprakirakan BMKG berkisar 12 hingga 36 derajat celcius, dengan kelembapan udara 45-95 persen. Angin dominan berhembus dari Timur ke Tenggara dengan kecepatan lima sampai 30 kilometer per jam.

Sementara untuk wilayah perairan Jatim, BMKG Maritim Tanjung Perak memprakirakan secara umum ada potensi hujan dingan di sebagian wilayah.

Arah angin dominan berhembus dari timur ke tenggara, dengan kecepatan maksimum di Laut Jawa bagian timur dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 22 knot (41 kilometer per jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.2-1.0 meter, Laut Jawa bagian Timur antara 0.5-2.0 meter dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 1.3-3.3 meter.

BMKG Maritim juga meminta masyarakat mewaspadai tinggi gelombang yang mencapai 2.5 m di Perairan selatan Jatim dan Samudera Hindia selatan Jatim. (bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
32o
Kurs