Rabu, 24 April 2024

Antisipasi Demam Berdarah, Ratusan Warga RT 01 RW 14 Kali Rungkut Bersihkan Saluran Air

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Suasana kerja bakti yang dilakukan oleh warga RT 01 RW 14 Kali Rungkut, Rungkut, Surabaya, pada Minggu (22/1/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Ratusan warga Kelurahan Kali Rungkut, Kecamatan Rungkut, Surabaya, Jawa Timur yang tergabung dalam RT 01 RW 14 melakukan kerja bakti massal bertajuk Surabaya Bergerak, Minggu (22/1/2023).

Sudjoko Purwantoro Ketua RT 01 RW 14, mengatakan, kegiatan kerja bakti hari ini fokus membersihkan saluran air di sepanjang Jalan Raya Rungkut Lor Gang II.

“Hari ini kami lakukan pengerukan sedimen lumpur di selokan,” ucapnya kepada suarasurabaya.net di sela-sela kerja bakti.

Menurutnya, perawatan saluran air dengan mengeruk sedimen dilakukan sebagai upaya untuk mencegah penyakit yang kerap muncul di musim penghujan.

“Terutama untuk mengantisipasi sarang nyamuk penyebab demam berdarah,” ungkapnya.

Lebih lanjut, kegiatan itu juga dilakukan untuk mencegah banjir kalau terjadi hujan deras.

Dia juga mengatakan agenda kerja bakti itu akan dilakukan secara rutin setiap bulannya, untuk menjaga lingkungan tetap bersih dan nyaman.

Sementara itu, Tri Sukoyono Lurah Kali Rungkut yang juga hadir dalam agenda kerja bakti mengatakan, pengangkutan sedimen selokan sangat penting, mengingat RT 01 memiliki jumlah penduduk yang lebih banyak dibanding RT lainnya

“Wilayah ini padat penduduk, dengan jumlah Kartu Keluarga (KK) kurang lebih sampai 300 dan wilayahnya juga sangat luas. Begitu pun dengan saluran air, di sini panjang,” jelasnya.

Oleh karena itu, sedimen serta sampah yang ada di selokan dan sekitarnya harus mendapat perhatian khusus. Salah satunya dengan pembersihan, agar tidak menjadi kumuh.

Dalam kerja bakti hari ini, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya untuk membantu membuang sampah dan sedimen hasil pengerukan.

InsyaAllah nanti setelah tuntas, akan diangkut oleh DLH,” jelasnya.

Tri berharap, gotong royong terus dilakukan warga Kali Rungkut. Sehingga, lingkungan bersih, dan hubungan warga juga semakin guyub.

“Ini adalah bentuk kepedulian warga, warga punya rasa tanggung jawab yang sama dan semoga ke depan dapat terus membangun komunikasi yang harmonis,” pungkasnya.(ris/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
28o
Kurs