Selasa, 14 Mei 2024

Antisipasi Jukir Liar Dishub Terjunkan Seratus Petugas di Festival Rujak Uleg

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Panitia menyiapkan bahan rujak di cobek raksasa dalam Festival Rujak Uleg di Jalan kembang Jepun Surabaya saat perayaan Hari Jadi Kota Surabaya ke-729 tahun 2022. Foto: Dok/ suarasurabaya.net

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya memastikan sudah mengantisipasi juru parkir (jukir) liar yang memanfaatkan event nasional “Festival Rujak Uleg”, Sabtu (6/5/2023) besok.

Priyo Utomo Sub Koordinator Pengawas dan Pengendalian Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Dishub Kota Surabaya mengatakan, Jumat (5/5/2023) hari ini, petugas akan memetakan titik-titik rawan parkir liar.

“Kami melebar untuk mendeteksi mana area yang rawan parkir liar di sekitar Jalan Kembang Jepun, Karet, dan sekitarnya,” kata Priyo.

Sementara saat event digelar, Dishub menerjunkan 100 petugas yang disebar di sejumlah titik kawasan Kya-Kya Kembang Jepun.

Tujuannya, agar masyarakat cukup membayar sesuai tarif parkir resmi yang ditetapkan oleh Dishub Kota Surabaya sebesar Rp2.000 untuk kendaraan roda dua, dan Rp5.000 untuk kendaraan roda empat.

“Jangan sampai event besar skala nasional kebobolan dengan parkir-parkir liar. Dishub pada tanggal enam melakukan antisipasi, insya Allah rekan-rekan dari jam 12.00 WIB sudah di lokasi titik parkir, selain di titik yang sudah disiapkan,” ujarnya.

Pengawasan parkir liar, sambungnya dikoordinasikan bersama jajaran Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Surabaya dan Kepolisian Resor Pelabuhan Tanjung Perak.

Masyarakat diminta melapor ke petugas Dishub yang ada di lokasi, maupun melalui layanan Command Center 112 apabila mendapati parkir liar.

“Penindakan langsung tipiring. Nanti saya koordinasi sama rekan-rekan, sebab melihat wilayahnya, kalau sudah melompat JMP kami dengan Polres Pelabuhan Tanjung Perak, kalau di JMP sampai Jalan Veteran itu dengan Polrestabes Surabaya,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, pemkot sudah menyiapkan belasan lokasi parkir kendaraan untuk menyaksikan Festival Rujak Uleg yang akan dimulai pukul 19.00 WIB. Ada lokasi parkir umum, VVIP, parkir alternatif, dan penempatan kendaraan tim medis.

Untuk diketahui menjelang Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-730 pada 31 Mei 2023 mendatang, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggelar beragam rangkaian kegiatan berskala nasional.

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya memastikan acara dalam rangka HJKS ke-730 mulai dari kegiatan UMKM, budaya dan festival, acara olahraga hingga konser musik dan hiburan bisa dinikmati dan melibatkan langsung masyarakat.

Selain Festival Rujak Uleg, akan ada Awarding dan Pameran Foto oleh Pewarta Foto Indonesia di Alun-alun Surabaya pada 12-18 Mei 2023.

Kemudian, Night at the Museum di Tugu Pahlawan Surabaya pada 13-14 Mei 2023, Masak Besar Bobon Santoso dan Chef Arnold pada 17 Mei 2023, Surabaya Vaganza pada 27 Mei 2023, Pet Animals Day di Mangrove Medokan Sawah pada 28 Mei 2023, serta Ruwatan dan Pagelaran Wayang di Tugu Pahlawan pada 31 Mei 2023.

Sementara untuk konser musik yang akan menghadirkan artis-artis ibu kota, pada 13 Mei 2023 akan ada The Great Journey of Noah oleh Noah Band di Grand Ballroom Westin Hotel. Lalu pada 13 dan 14 Mei 2023 akan ada Sudut Baya 2023 yang akan dimeriahkan oleh Mahalini, JKT48, Tiara Andini, Last Child, The Adams, Feel Koplo, The Panturas di Kenjeran Park.

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 14 Mei 2024
31o
Kurs