Kamis, 9 Mei 2024

Ratusan Peserta Siap Ramaikan Festival Rujak Uleg Surabaya 

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Panitia menyiapkan bahan rujak di cobek raksasa dalam Festival Rujak Uleg di Jalan Kembang Jepun Surabaya pada Minggu (22/5/2022). Festival ini adalah rangkaian perayaan Hari Jadi Kota Surabaya ke-729. Foto: Dokumen suarasurabaya.net

Resmi menjadi agenda nasional, Festival Rujak Uleg Surabaya bakal digelar kembali Sabtu (6/5/2023) pekan ini. Total akan ada 400-an peserta yang mengikuti.

Meski tak sebanyak peserta tahun sebelumnya, gelaran tahun ini diperkirakan lebih meriah karena menargetkan kedatangan wisatawan luar daerah, tak hanya domestik.

Heri Purwadi Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga, serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya menyebut, total ada 432 peserta yang terbagi ke 108 grup.

Akan ada tiga cobek raksasa yang masing-masing berdiameter 2,5 meter yang akan diuleg oleh para tamu undangan. Selain Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya, gelaran itu akan dihadiri Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim dan enam kepala daerah se-Gerbangkertasusila.

“Cobek ada 3 karena spesial, karena baru sekali masuk event nasional (tahun ini),” kata Heri saat konferensi pers di gedung eks Humas Pemkot Surabaya, Kamis (4/5/2023).

Sementara ornamen yang ditonjolkan dalam gelaran Festival Rujak Uleg tidak hanya menggambarkan Tionghoa karena berada di wilayah Kembang Jepun Kya-Kya, tapi juga keberagaman.

“Tampilan kalau tahun kemarin lebih ke Tionghoa, kalau tahun ini ingin keberagaman. Jadi ada Tari Rujak Uleg yang memang disiapkan khusus dan sebagainya,” imbuhnya.

Farah Andita Ramadhani Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata Disbudporapar Kota Surabaya menyebut, Festival Rujak Uleg menjadi satu di antara 110 event maupun wisata yang lolos kurasi Kharisma Event Nusantara 2023 oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Sehingga bila tahun lalu Kembang Jepun mampu menampung empat ribuan orang, diperkirakan dengan lolosnya Festival Rujak Uleg dalam Kharisma Event Nusantara 2023 oleh Kemenparekraf, orang yang datang bisa membludak.

Untuk menggaet wisatawan, Disbudporapar menggandeng 20 hotel di Surabaya untuk menyediakan bundling menginap dan akses menonton festival di tempat VIP.

“Harapannya Festival Rujak Uleg bisa jadi daya tarik wisata. Kita kolaborasi dengan beberapa hotel agar bisa bundling paket menginap dan akses nonton Festival Rujak Uleg di area VIP. Kita juga memfasilitasi shuttle bus untuk yang tidak memungkinkan bawa shuttle bus sendiri. Sehingga, mereka merasa event ini berimbas okupansi hotel di Surabaya,” terangnya.

Sekadar diketahui, Festival Rujak Uleg tahun lalu diikuti 700 peserta. Meski tahun ini lebih sedikit, namun lebih mengutamakan kualitas.(lta/dfn/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 9 Mei 2024
29o
Kurs