Kamis, 2 Mei 2024

Atraksi Hebat Prajurit Iringi Perayaan HUT ke-78 TNI AL di Koarmada II Surabaya

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Defile kendaraan taktis (rantis) di Dermaga Ujung Madura Koarmada II Surabaya saat puncak HUT TNI AL ke-78, Senin (11/9/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Puncak perintatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 TNI Angkatan Laut (AL) dipusatkan di Dermaga Ujung Koarmada II Surabaya pada Senin (11/9/2023).

Pantauan suarasurabaya.net, rangkaian kegiatan diawali upacara mulai pukul 09.00 WIB setelah inspektur upacara Laksamana TNI Yudo Margono Panglima TNI tiba di Dermaga Ujung Madura Koarmada II Surabaya.

Upacara yang diikuti ribuan prajurit TNI dari seluruh Indonesia tersebut berlangsung khidmat. Usai tuntas, dilanjutkan dengan atraksi demo udara pesawat TNI AL, helikopter, dan prajurit terjun untuk melumpuhkan kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Kemudian, parade atau defile prajurit tiap batalyon beserta deretan kendaraan taktis (rantis).

Laksamana TNI Muhammad Ali Kepala Staf TNI Angkatan Laut saat doorstop usai upacara HUT TNI AL ke-78 di Dermaga Ujung Madura Koarmada II Surabaya, Senin (11/9/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Laksamana TNI Muhammad Ali Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) menyebut, momen ulang tahun TNI AL ini sekaligus mengingatkan komitmen untuk menuntaskan pekerjaan rumah terkait senjata, teknologi, dan lainnya.

“Tadi sudah ada parade defile pasukan beberapa batalyon, dihadiri komponen maritim Polairud dan Bea Cukai, dan lain-lain. Demonstrasi keterampilan prajurit dan kesenian budaya nusantara dan demo bela diri. Demo alutsista dihadirkan pesawat udara TNI AL, kapal-kapal teladan,” jelas Muhammad Ali, Senin (11/9/2023).

Yang paling utama, kapal-kapal milik TNI AL harus diperbanyak.

“Yang dibutuhkan kapal harus diperbanyak lagi, karena lautan kita sangat luas. Sekarang masih kurang. Kondisi kapal yang sudah tua harus dimodernisasi dan diremajakan. Itu yang utama,” tandasnya. (lta/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
31o
Kurs