Selasa, 30 April 2024

Atraksi Kesenian Meriahkan Persiapan Upacara Kemerdekaan RI di Grahadi

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Model fashion show dari Jember Fashion Festival (JFC) menyuguhkan ornamen simbol Garuda jelang upacara HUT ke-78 Kemerdekaan RI di halaman Gedung Negara Grahadi, Kamis (17/8/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Berbagai penampilan kesenian mewarnai persiapan upacara HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia pada Kamis (17/8/2023) di Gedung Negara Grahadi di Surabaya.

Pada pukul 08.00 WIB dimulai penampilan kesenian dari Jember Fashion Festival (JFC). Para model yang melakukan fashion show di halaman Grahadi, memamerkan ornamen Burung Garuda sebagai simbol Indonesia.

Pesan dari simbol Garuda itu menyimbolkan bahwa Indonesia merupakan negara yang kuat dan santun. Kemudian disusul Drama Tarian Kolosal Gayatri Putri Nusantara yang menceritakan tentang Kerajaan Majapahit.

Dramatari Kolosal ini menceritakan tentang Gayatri yang merupakan Putri dari Raja Kertanegara. Drama kolosal itu menceritakan seorang Gayatri yang tidak ingin mendapat kekuasaan.

Drama kolosal Gayatri Putri yang disuguhkan sebelum upacara HUT ke-78 Kemerdekaan RI di halaman Gedung Negara Grahadi, Kamis (17/8/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Namun kecerdasannya dimanfaatkan untuk menjaga keberlangsungan ketatanegaraan Majapahit melalui suami, anak, dan cucunya.

Setelah penampilan Drama Kolosal Gayatri ini, para tamu undangan langsung disuguhi penampilan Drum Band dari SMAN 5 Taruna Angkasa.

Kemudian memasuki pukul 09.35 WIB Pasukan Upacara akan memasuki Lapangan Upacara. Menjelang peringatan detik-detik proklamasi pada pukul 10.00 WIB akan ada suara sirene dari mobil PMK selama satu menit dan dentuman meriam sebanyak 17 kali.

Acara selanjutnya adalah persiapan pembacaan Naskah Proklamasi yang dilanjutkan mengheningkan cipta dipimpin oleh Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim selaku Inspektur Upacara.

Dan menjelang pukul 10.20 WIB sebanyak 76 Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) akan mengibarkan sang Merah Putih. Kegiatan upacara kemerdekaan di Grahadi ini diperkirakan selesai pukul 11.00 WIB siang.

Sebagai informasi, tema kemerdekaan Indonesia ke 78 tahun ini adalah Terus Melaju Untuk Indonesia Maju. (wld/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
26o
Kurs