Rabu, 24 Juli 2024

Barongsai Hibur Penumpang di Stasiun Gambir dan Pasar Senen

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Barongsai menghibur penumpang Kereta Api pada Hari Raya Imlek 2023. Foto: istimewa

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta turut memeriahkan perayaan Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili dengan menghadirkan Barongsai di Stasiun Gambir yang akan menyambut para pengunjung yang datang ke  Stasiun Gambir, pada Minggu (22/1/2023).

Eva Chairunisa Kepala Humas KAI Daop 1 Jakarta mengatakan, dengan kegiatan ini diharapkan dapat menambah sukacita dan menjadi pengalaman tersendiri bagi para penumpang Kereta Api (KA), terutama bagi pelanggan KA yang merayakan Tahun Baru Imlek. Selain itu, para pengunjung di Stasiun Gambir dapat melakukan foto bersama Barongsai  untuk mengabadikan momen sukacita mereka.

“Selain penampilan Barongsai, PT KAI Daop 1 Jakarta juga akan membagi-bagikan sejumlah makanan dan Souvenir khas Imlek untuk pengguna beruntung yang telah memiliki aplikasi KAI Access pada perangkat ponsel nya. Sementara apresiasi dengan gift berupa smartwatch juga diberikan untuk sejumlah penumpang terpilih yang telah melakukan perjalanan terbanyak dalam 1 bulan,” ujar Eva.

Pada libur panjang akhir pekan momen Imlek, kata dia, volume keberangkatan penumpang Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen juga mengalami peningkatan hingga 20 persen.

“Hingga hari ini secara total terdapat sekitar 88 ribu tiket yang telah terjual untuk jadwal keberangkatan pada tanggal 20 sampai dengan 23 Januari 2023. Dari jumlah tersebut 35.600 merupakan tiket keberangkatan Stasiun Gambir dan 52.400 tiket keberangkatan Stasiun Pasar Senen,” jelasnya.

Menurut Eva, angka volume penumpang berangkat masih akan mengalami perubahan mengingat penjualan tiket masih berlangsung. Untuk tanggal 20 sampai dengan 23 Januari 2023 setiap harinya terdapat sebanyak 57 hingga 60 KAJJ per hari yang berangkat dari area Daop 1 Jakarta.

Eva menjelaskan, volume penumpang berangkat pada momen libur imlek dari area Daop 1 Jakarta paling tinggi terjadi pada Jumat (20/1/2023) dengan layanan 58 KA yang beroperasi. Terdata sekitar 30.500  penumpang telah melakukan pemesanan tiket untuk keberangkatan hari Jumat yakni sekitar 12.300 yang merupakan volume penumpang berangkat dari Stasiun Gambir dengan layanan operasional 29 KA dan sekitar 18.200 lainnya volume penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dengan layanan 29 KA.

“Adapun terdapat sejumlah kota tujuan favorit yang dipilih penumpang di antaranya Yogyakarta, Semarang, Purwokerto, solo, Tegal, Kutoarjo, Surabaya dan Malang, sedangkan untuk jarak dekat yakni Cirebon serta Bandung,” terangnya.(faz/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Rabu, 24 Juli 2024
28o
Kurs