Kamis, 2 Mei 2024

BMKG Prakirakan Kondisi Cuaca Jatim Cenderung Berawan pada Akhir Pekan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi cuaca cerah berawan di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca sebagian besar daerah di Jawa Timur (Jatim), berpotensi cerah hingga berawan pada seharian ini di akhir pekan, Minggu (1/10/2023).

Keterangan yang diterima suarasurabaya.net, cuaca Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Gresik, Mojokerto, Pasuruan dan sekitarnya diprakirakan cerah hingga pagi sampai siang hari.

Potensi hujan ringan untuk hari Minggu, diprakirakan hanya terjadi di Kabupaten Magetan dan Ngawi pada malam hari. Sementara untuk wilayah selain dua Kabupaten tersebut cenderung berawan pada malam hari.

Suhu udara Jatim, hari ini berkisar 13 hingga 36 derajat celcius dengan kelembapan udara 40-90 persen. Angin dominan berhembus dari Timur ke Tenggara dengan kecepatan lima sampai 30 kilometer per jam.

Adapun kondisi perairan Jatim, diprakirakan BMKG Maritim Tanjung Perak secara umum kondisi cuacanya berawa di sebagian besar wilayah.

Arah angin dominan dari Timur ke Tenggara, dengan kecepatan maksimum di Laut Jawa bagian timur sebesar 20 knot (37 kilometer per jam) dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 14 knots (26 kilometer per jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.3-1.3 meter, Laut Jawa bagian Timur antara 0.8-1.5 meter dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 1.3-3.0 meter.

BMKG Maritim Tanjung Perak juga meminta masyarakat yang beraktivitas atau tinggal di wilayah pesisir, mewaspadai tinggi gelombang yang mencapai 2.5 meter di Perairan selatan Jatim dan Samudera Hindia selatan Jatim. (bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
32o
Kurs