Minggu, 5 Mei 2024

BMKG: Sejumlah Wilayah di Jawa Timur Berpotensi Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi, cuaca hujan. Grafis: Suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda memprakirakan sejumlah wilayah di Jawa Timur (Jatim) hari ini, Sabtu (8/4/2023), berpotensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat.

Potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang tersebut, untuk pagi hari berada di wilayah Sumenep. Sedangkan untuk Malam hari, berada di wilayah Gresik, Jombang, Magetan, Ponorogo, Kota Blitar, Kota Kediri, dan Kabupaten Malang.

Selanjutnya cuaca untuk pagi hingga sore hari, diprakirakan cerah, berawan, hujan ringan-sedang, hujan lebat disertai petir. Kemudian malam dan dini harinya, diprakirakan cerah, berawan, berkabut, dan hujan ringan-sedang.

Suhu udara berkisar di 13 – 33 °C, kelembapan udara berada di 55 – 95 persen, dan angin didominasi dari barat daya-selatan dengan kecepatan 5 – 30 km/jam.

Sedangkan BMKG Tanjung Perak, memprakirakan potensi hujan dengan intensitas sedang dapat terjadi di sebagian besar wilayah perairan Jatim.

Kondisi angin yang didominasi dari barat daya-barat dengan kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur sebesar 16 knots (30 knots) dan Samudra Hindia Selatan Jatim sebesar 13 knots (24 km/jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.1-0.3 meter, Laut Jawa bagian timur antara 0.2-0.1.3 meter dan Samudra Hindia Selatan Jatim antara 1.0-2.5 meter.(abd/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
29o
Kurs