Kamis, 25 Juli 2024

BMKG: Waspadai Hujan Disertai Petir di Jalur Transportasi Darat pada Libur Natal dan Tahun Baru

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Ilustrasi hujan. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan lebat disertai petir di sejumlah jalur transportasi darat pada libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.
​​​​​
“Untuk jalur transportasi darat di Pulau Sumatra diperkirakan berawan atau hujan ringan,” kata Cindy Indah Pratiwi Prakirawan BMKG diikuti dalam jaringan (daring) InfoBMKG di Jakarta seperti dilansir Antara, pada Jumat (29/12/2023).

BMKG mengimbau pengguna jalur darat di lintasan Aceh untuk mewaspadai potensi hujan lebat disertai petir pada siang, sore, dan malam.

Potensi serupa juga berpeluang melanda wilayah Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Kepulauan Bangka Belitung, dan Sumatra Selatan.

Sementara untuk Pulau Jawa kondisi cuaca secara umum diprakirakan berawan hingga hujan ringan.

Cindy mengimbau masyarakat untuk mewaspadai hujan disertai petir pada sore dan malam hari untuk jalur di Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Prakiraan cuaca di wilayah Bali dan Nusa Tenggara secara umum diprakirakan berawan hingga. Terdapat potensi hujan disertai petir pada siang dan sore hari di wilayah Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

“Untuk wilayah Pulau Kalimantan kondisi cuaca diperkirakan berawan hingga hujan ringan,” katanya.

Masyarakat juga diimbau untuk mewaspadai potensi hujan disertai petir pada sore dan malam hari untuk wilayah Kalimantan Barat.

Selanjutnya untuk wilayah Sulawesi secara umum diprakirakan cerah hingga hujan ringan.

“Waspadai hujan disertai petir pada sore hari di wilayah Sulawesi Tengah,” katanya.

Prakiraan cuaca di wilayah Maluku Utara secara umum diprakirakan cerah berawan hingga berawan. Waspadai hujan disertai petir pada sore hari di wilayah Maluku.

“Terakhir untuk wilayah Papua dan Papua Barat umumnya diprakirakan berawan, sementara potensi hujan dengan intensitas ringan diperkirakan terjadi di Papua,” katanya.(ant/ipg)

Berita Terkait

BMKG Imbau Waspadai Gelombang Hingga 4 Meter


..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Kamis, 25 Juli 2024
31o
Kurs