Jumat, 29 Maret 2024

BPBD Klaim Tidak Ada Korban Jiwa dan Kerusakan Akibat Gempa Mentawai

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Gempa bumi di Kepulauan Mentawai Sumatra Barat, Selasa (25/4/2023). Foto: BMKG

Arry Yuswandi Pelaksana tugas Kepala Pelaksana BPBD Sumatra Barat mengatakan, sampai sekarang belum ada laporan korban jiwa dan kerusakan yang terjadi akibat gempa magnitudo 6,9, di Sumatra Barat.

“Kita sudah berkoordinasi dengan sejumlah kepala BPBD di kabupaten kota terutama Kabupaten Kepulauan Mentawai. Belum ada laporan korban jiwa mau pun kerusakan yang terjadi,” katanya di Padang, Selasa (25/4/2023).

Dia menyebut khusus untuk Kepulauan Mentawai, masyarakat yang semalam mengungsi sebagian masih berada di tempat pengungsian. Mereka mengungsi karena masih terjadi hujan di daerah tersebut.

Secara umum, Arry Yuswandi mengatakan kondisi Sumatra Barat sudah kondusif dan masyarakat sudah kembali pulang ke rumah masing-masing.

Tapi, pihaknya terus mengumpulkan informasi dari semua kabupaten kota karena pendataan masih berlanjut.

“Kami akan sampaikan informasi terbaru secara periodik,” katanya, mengutip Antara.

Sebelumnya Daryono Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG melalui rilis tertulis mengatakan hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M6,9 dari awalnya disebutkan M7,3.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0,94° LS ; 98,38° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 177 Km barat laut Kepulauan Mentawai Sumatra Barat pada kedalaman 23 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Gempa bumi itu berdampak dan dirasakan di daerah Siberut, Mentawai dengan skala intensitas VI MMI, Pasaman Barat, Padang Pariaman, Agam dan Padang dengan skala intensitas V MMI.

Sempat terjadi lima kali gempa susulan hingga pukul 04.00 WIB dengan magnitudo terbesar M4,6.(ant/dfn/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
31o
Kurs