Jumat, 26 April 2024

BPBD Minta Warga Pesisir Surabaya Waspadai Banjir Rob Jumat-Minggu Ini

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Ilustrasi. Banjir rob.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Surabaya meminta warga yang tinggal di wilayah dekat pesisir Surabaya waspada. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi, banjir rob kembali terjadi mulai malam nanti, Jumat (6/1/2023) hingga hari Minggu (8/1/2023).

Ridwan Mubarun Sekretaris BPBD Kota Surabaya menyebut, prediksi BMKG ketinggian maksimal banjir rob 1,4 meter. Menurutnya, tidak terlalu mengkhawatirkan.

“Prediksi banjir rob hari ini sampai tanggal 8, jadi memang banjir rob itu kan fenomena rutin yang terjadi hampir tiap bulan. Memang yang perlu diwaspadai banjir rob. Banjir rob mulai nanti malam. Kalau lihat dari prediksi BMKG sampai saat imi belum terlalu menghawatirkan ketinggian maksimal 1,4 meter,” papar Ridwan pada suarasurabaya.net, Jumat (6/1/2023).

Selain itu, BMKG juga memprediksi banjir rob tidak disertai hujan. Sehingga ruas-ruas jalan di pusat Kota Surabaya tidak terdampak.

“Yang bahaya melebihi 1,5 meter, kalau ini lebih banyak air ke daratan. Biasanya kalau 1,4 gini, lokasi yang tergenang seperti di Kalimas Hilir itu hanya sekitar 10 cm. Nah yang membahayakan kondisi rob ditambah dengan hujan. Di kota, tidak hanya jalan-jalan biasa tempat genangan air yang tergenang saja, tapi semua nanti di Surabaya, nanti susah dibuang ke laut. Nanti ada beberapa tempat di Surabaya yang banjir. Prediksi BMKG tidak ada hujan,” bebernya.

Beberapa kali banjir rob yang terjadi hampir setiap bulan itu menurut Ridwan tidak diselingi hujan.

“Selama ini beberapa kali ini, ketika rob tidak diselingi oleh hujan lagi. Prediksi masih dibawah 1,5 meter, masih aman. Genangan ada di 10 sampai 20 cm ada ditempat-tempat tertentu,” imbuhnya.

Meski diperkirakan aman, lanjut Ridwan, BPBD akan tetap melakukan patroli rutin.

“Kita lakukan adalah patroli rutin, membantu dimana tempatnya. Kalau memang saat patroli ada yang harus dilakukan maka akan kami lakukan. Kita melopor ke 112 kita koordinasi dengan Dinas Sumber Daya Air Bina Marga. Kita lakukan memantau,” tambah Ridwan.

Warga diminta mencegah anak-anak kecil untuk tidak bermain saat air pasang. Diperkirakan banjir ron terjadi malam hari, mulai pukul 21.00 – 00.00 WIB.

“Imbauan prinsipnya anak-anak kecil untuk menjaga jangan sampai air pasang jangan bermain-main. Prediksi rob minggu ini dimulainya malam,” pungkasnya.

Diketahui, BMKG memperkirakan sebagian kawasan Surabaya kembali dilanda banjir rob. Terutama di pesisir Surabaya Raya atau yang berdekatan dengan bibir laut atau pantai. Tak hanya berlangsung tanggal 6, 7 dan 8 Januari 2023. Tapi akan terjadi lagi pada 19 – 24 Januari 2023. (lta/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
25o
Kurs