Rabu, 1 Mei 2024

Bulog Nyatakan Stabilitas Pasokan Pangan Tahun 2024 Masih Terjaga

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Pekerja menata karung beras di gudang Perum Bulog Subdivisi Regional (Drive) Meulaboh, Aceh Barat, Aceh, Kamis (20/9/2019). Foto: Antara

Bayu Krisnamurthi Direktur Utama Perum Bulog menyampaikan bahwa stok pangan yang dikuasai dan dikelola Bulog saat ini siap untuk menjaga stabilitas pangan di tahun 2024.

“Dengan stok pangan yang dikuasai saat ini, kemudian masih ada stok dalam perjalanan dan tambahan baru penugasan pengadaan stok, maka jumlahnya akan makin kuat untuk kebutuhan penyaluran sampai tahun depan,” kata Bayu, Kamis (21/12/2023) dilansir Antara.

Ia mengatakan, stok Cadangan Beras Pemerintah (CBP) yang dimiliki Bulog saat ini ada sebanyak 1,26 juta ton. Kemudian, masih ada stok beras yang masih dalam perjalanan menuju gudang-gudang Bulog sebanyak 494 ribu ton. Serta juga masih ada sisa kuota tambahan penugasan pengadaan sebanyak 500 ribu ton.

Menurut dia, stok beras ini jumlahnya sangat kuat untuk program stabilitas harga menghadapi tahun 2024. Sedangkan pelaksanaan program Bantuan Pangan berupa beras sampai dengan tanggal 20 Desember 2023 sudah terealisasi sebesar 97 persen atau sebanyak 1,46 juta ton dari pagu total sebanyak 1,49 juta ton.

Di samping itu juga, Bulog sudah menggelontorkan beras Operasi Pasar atau yang sekarang bernama Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) sepanjang tahun 2023 ini sebanyak 1,1 juta ton.

Ia menyebut, pihaknya sudah mendatangkan sebanyak 171 ribu ton jagung pakan yang dijual ke peternak sasaran sesuai dengan harga yang ditetapkan pemerintah untuk meredam kenaikan harga jagung pakan yang terjadi akhir tahun ini. (ant/feb/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
27o
Kurs