Senin, 29 April 2024

Cegah Lingkungan Kumuh, Warga Menanggal Bersihkan Selokan dan Merapikan Pohon

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Pembersihan area sekitar selokan di RT 3 RW 3 Menanggal Gayungan Surabaya, Minggu (19/2/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Puluhan warga Menanggal Gayungan Surabaya serentak melakukan kerja bakti massal bertajuk Surabaya Bergerak, pada Minggu (19/2/2023).

Sudarsono Ketua RT 1 RW 3 Menanggal mengatakan, kegiatan kerja bakti hari ini dilakukan untuk membersihkan selokan.

“Kerja bakti hari ini kami fokusnya normalisasi saluran pembuangan air atau got,” ucapnya kepada suarasurabaya.net di sela-sela kerja bakti.

Perantingan pohon di RT 3 RW 3 Menanggal Gayungan Surabaya, pada Minggu (19/2/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Ia mengatakan, pengangkutan sedimen itu dilakukan sebagai upaya untuk mewujudkan lingkungan yang bersih sekaligus mengantisipasi selokan yang tersumbat dan melubernya air saat turun hujan.

“Pengangkutan sedimen ini yang pertama kalinya, dan hasil hasilnya ada puluhan karung hasil pengerukan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, kegiatan kerja bakti hari ini juga dilakukan untuk membersihkan lingkungan di sepanjang gang RT 1 yang berbatasan dengan RT 2.

Pengumpulan sampah di RT 1 RW 3 Menanggal Gayungan Surabaya untuk diangkut oleh DLH Kota Surabaya, Minggu (19/2/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Sementara itu di lokasi yang berbeda, tepatnya di RT 3 RW 3, warga juga melakukan kerja bakti untuk melakukan perantingan pohon di sepanjang gang.

Antini ketua RT 3 RW 3 mengatakan bahwa perantingan itu dilakukan sebagai upaya untuk menjaga lingkungan agar tetap nyaman dan bersih.

“Kami hari ini perantingan, membersihkan halaman, rerumputan, kan banyak itu jadi keliatan kumuh, kalau kerja bakti seperti ini jadi bersih,” ucapnya.

Sebagai diketahui, geliat kerja bakti di Menanggal Gayungan Surabaya tersebut, bukan hanya dilakukan hari ini saja. Tetapi, rencananya akan dilakukan secara rutin setiap bulannya, untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat.(ris/iss/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
29o
Kurs