Minggu, 28 April 2024

Warga Kutisari Selatan Bersihkan Saluran Air Demi Kenyamanan Lingkungan

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Suasana kerja bakti warga Kutisari Kelatan, Rungkut, Surabaya yang tergabung dalam RT 9 RW 3, pada Minggu (12/2/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Puluhan Warga Kutisari Selatan, Rungkut, Surabaya yang tergabung dalam RT 9 RW 3, hari ini, Minggu (12/2/2023), melakukan kerja bakti massal bertajuk Surabaya Bergerak.

Hari Dwi Nugroho Wakil Ketua RT 9, mengatakan kegiatan kerja bakti hari ini fokus melakukan pengerukan sedimen di sepanjang selokan wilayahnya.

“Kegiatan hari ini target utamanya membersihkan saluran air,” ucapnya kepada suarasurabaya.net di sela-sela kerja bakti.

Pembersihan saluran air itu, lanjutnya, dilakukan sebagai upaya untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan nyaman.

“Kebetulan di daerah sini memang jarang banjir. Pembersihan ini dilakukan untuk mencegah munculnya nyamuk,” imbuhnya.

Beberapa sedimen hasil pengerukan selokan di wilayah Kutisari Selatan, Rungkut, Surabaya, pada Minggu (12/2/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Selain itu, dalam kerja bakti tersebut juga dilakukan perantingan pohon yang sudah mulai menggangu pengguna jalan dan membersihkan sampah-sampah di sekitaran wilayah RT 9.

“Untuk kerja bakti seperti ini kami biasanya lakukan selama satu bulan sekali,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Hari menyebut warga dari remaja hingga yang tua sangat antusias mengikuti kerja bakti.

Dia berharap, gotong royong dapat terus dilakukan warga supaya lingkungan selalu terawat dengan baik.

Sampah hasil kerja bakti tersebut kemudian diangkut sesudah berkoordinasi dengan dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya.

“Kami tetap dibantu dinas terkait untuk pengelolaan limbah hasil pembersihan saluran air, karena kami memang susah untuk membuanganya,” pungkasnya.

Seperti diketahui, kegiatan kerja bakti dalam rangkaian acara Surabaya Bergerak tersebut bukan hanya dilakukan di Kutisari Selatan saja, melainkan juga daerah-daerah lain di Surabaya, untuk mengupayakan kebersihan lingkungan dengan perawatan rutin.(ris/dfn/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
30o
Kurs