Kamis, 25 April 2024

Bonek dan Warga Tanjung Perak Angkut 250 Karung Sampah dari Saluran Air

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Warga RT 5 RW 9 Kelurahan Tanjung Perak waktu mengambil sampah di saluran Kalimas 2, Minggu (12/2/2023). Foto: Dok. Kecamatan Pabean Cantian

Mulai pukul 06.00 WIB, puluhan Anggota Bonek Surabaya Utara bersama Warga RW 9 RT 5 Kelurahan Tanjung Perak kompak kerja bakti membersihkan saluran yang melintas di sepanjang Gang Kalimas Baru 2.

Muhammad Januar Rizal Camat Pabean Cantian Surabaya mengatakan, saluran di kawasan itu sangat penuh sampah. Sehingga, hari ini para warga, Bonek, dan Karang Taruna berhasil mengumpulkan sebanyak 250 karung berisi sampah.

“Kerja bakti hari ini kami membuka saluran, tadi dilihat sampahnya sangat penuh dan langsung dilakukan kerja bakti. Kebetulan wilayah RT 5 RW 9 basisnya teman-teman Bonek, Pak Santiro Ketua RT 5 itu koordinatornya di Surabaya Utara,” ujarnya kepada suarasurabaya.net, Minggu (12/2/2023).

Beberapa pekan sebelum saluran itu dibersihkan, para warga kerap melihat genangan air waktu hujan deras. Walau genangan tidak berlangsung lama, tapi cukup menganggu aktivitas warga.

Oleh sebab itu, Rizal menyebut kolaborasi antara Bonek dan warga RT 5 RW 9 hari ini sangat efektif m membersihkan sampah-sampah di dalam saluran untuk menghindari genangan.

Camat Pabean Cantian bercerita kerja bakti di wilayahnya memang sudah terjadwal setiap satu bulan sekali, tepatnya di akhir bulan. Tapi, kerja bakti rutin itu hanya fokus membersihkan sampah-sampah kering, tidak sampai membersihkan saluran.

“Semoga saat hujan tidak ada genangan lagi. Kami juga maksimalkan karung yang ada, jadi tidak ada sisa,” sambungnya.

Rizal menilai, Program Surabaya Bergerak merupakan inovasi untuk menggerakkan warga untuk menjaga kebersihan dan mengurangi banjir di Kota Pahlawan.

Selain itu, lewat kerja bakti rutin, Rizal menyebut para warga bisa saling silaturahmi dalam rangka menjaga lingkungan bersama-sama.

“Masyarakat jadi tau kalau sumber penyakit dan genangan akibat sampah-sampah yang menyumbat di saluran,” pungkas Rizal.(wld/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs