Rabu, 1 Mei 2024

Delapan Jemaah Pulang ke Tanah Air, 26 Meninggal Pascaoperasional Haji 1444 H

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi. Ratusan jemaah haji kloter pertama tiba di Asrama Haji Debarkasi Surabaya pukul 17.20 WIB pada Selasa, 4 Juli 2023 lalu. Foto: Dok/Meilita suarasurabaya.net

Sejak operasional ibadah haji 1444 H dinyatakan berakhir pada tanggal 5 Agustus 2023 oleh Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama (Menag), ada 77 jemaah haji Indonesia yang dirawat RSAS Arab Saudi, di antaranya ada 26 jemaah dinyatakan meninggal dan delapan jemaah yang diizinkan pulang hari ini, Senin (21/8/2023) ke Tanah Air.

“Sejak lima sampai 18 Agustus, ada 26 jemaah haji Indonesia yang wafat pasca operasional ibadah haji 1444 H,” terang Nasrullah Jasam Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah dilansir laman resmi Kemenag, Senin (21/8/2023).

Untuk jemaah yang sehat, lanjut Nasrullah, mereka diantar pulang ke Tanah Air setelah mendapat surat keterangan layak terbang dari pihak rumah sakit.

“Sampai saat ini, total ada delapan jemaah yang sehat setelah menjalani perawatan dan telah di antar ke Tanah Air oleh tim Konsul Haji KJRI Jeddah,” sebut Nasrullah.

Kepulangan jemaah haji Indonesia ini, kata Nasrullah, didampingi Tim Konsul Haji KJRI Jeddah. Saat tiba di Tanah Air, mereka dijemput tim Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU). Jika kondisinya stabil, mereka langsung diantar ke keluarganya.

“Setibanya di Bandara Soekarno-Hatta, pihak KKP Bandara akan melakukan observasi. Jika sehat, jemaah melanjutkan perjalanan pulang ke keluarganya. Jika tidak, maka akan dirujuk ke Rumah Sakit Haji Pondok Gede untuk pemulihan agar siap melanjutkan perjalanan menuju daerah asal,” jelasnya.

Nasrullah menambahkan, saat ini ada 43 jemaah haji Indonesia yang masih menjalani perawatan di RS Arab Saudi. Tim KUH KJRI Jeddah akan terus melakukan pendampingan.

“Sebanyak 20 jemaah sudah mendapatkan surat keterangan layak terbang. Kami saat ini sedang memproses kepulangannya. Ada empat jemaah yang akan pulang dalam posisi baring dan itu perlu proses untuk mendapatkan seatnya, karena harus menggunakan sembilan seat. Semoga ini bisa segera kita antar pulang,” tutur Nasrullah.

“Kita juga berharap doa dari masyarakat Indonesia, semoga jemaah yang dirawat di RS Arab Saudi ini semua lekas sehat, sehingga bisa kembali ke Tanah Air dan berkumpul dengan keluarganya. Aamiin,” pungkasnya. (bnt/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
29o
Kurs