Minggu, 28 April 2024

Dewan Keamanan PBB Akan Bahas Sikap Taliban soal Perempuan Pekerja

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Seorang anggota Taliban (kiri) sedang berbincang-bincang dengan dua orang mahasiswi di sekitar lingkungan Kabul Education University, Kabul, Afghanistan, 26 February 2022. Foto: Reuters

Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) akan menggelar pertemuan pada minggu depan, membahas soal keputusan pemerintah Taliban di Afghanistan yang melarang kegiatan perempuan pekerja bantuan, kata para diplomat Rabu (4/1/2023).

Seperti dilaporkan Antara mengutip Reuters, Kamis (5/1/2023), pertemuan yang akan dilakukan secara tertutup itu merupakan permintaan Uni Emirat Arab (UAE) serta Jepang agar digelar pada Jumat (13/1/2023) pekan depan.

UAE sebelumnya mengumumkan permintaan tersebut dalam sebuah cuitan Twitter resmi mereka.

Seperti diketahui, larangan terhadap pekerja bantuan wanita diumumkan oleh pemerintahan Afghanistan pimpinan Taliban pada 24 Desember 2022 lalu.

Aturan tersebut dikeluarkan Taliban, setelah pada awal Desember lalu mereka juga melarang perempuan mengikuti pendidikan di universitas.

Selain itu, para remaja putri di Afghanistan pada Maret tahun lalu juga dilarang masuk sekolah menengah atas.

Martin Griffiths Kepala kantor bantuan PBB, akan mengunjungi Afghanistan dalam beberapa minggu mendatang untuk bertemu dengan para pejabat Taliban.

Sementara itu, sedikitnya empat kelompok besar internasional telah menghentikan operasi karena mereka tidak dapat menjalankan program mereka tanpa staf perempuan.

Menurut laporan PBB, 97 persen warga Afghanistan hidup dalam kemiskinan, dua pertiga penduduknya membutuhkan bantuan untuk bertahan hidup, dan 20 juta orang mengalami kelaparan akut. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
33o
Kurs