Kamis, 20 Juni 2024

Dokter UK Petra Bina SOTH Kelurahan Siwalankerto Soal Kebersihan Makanan Untuk Kurangi Stunting

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Dokter Cyntua Puspa Pitaloka M. Kes dari Petra Christian University saat memberi pembinaan ibu peserta SOTH Kelurahan Siwalankerto, Kamis (24/8/2023). Foto: Humas PCU

Petra Christian University (PCU) membina puluhan ibu peserta Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) Kelurahan Siwalankerto program Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. Dalam kesempatan itu, dr. Cyntia Puspa Pitaloka M.Kes dari PCU mengedukasi soal pentingnya menjaga kebersihan makanan sejak pengolahan hingga penyajian.

“Sebelum melakukan proses memasak, harus memastikan semua bersih. Tak hanya tangan, tetapi alat memasak pun juga harus bersih. Lalu secara rutin mengganti talenan, serta membedakan penggunaan talenan untuk bahan makanan protein maupun sayuran. Makanan yang telah selesai diolah sebaiknya maksimal hanya dua jam jika berada di suhu ruangan, selebihnya dimasukkan dalam lemari es,” ujar Dokter Cyntia lewat keterangan resmi yang diterima suarasurabaya.net usai penutupan SOTH Kelurahan Siwalankerto terakhir hari ini, Kamis (24/8/2023).

Menurut Cyntia, penyebab stunting memang beragam faktor. Salah satunya pola asuh yang kurang tepat. Sehingga, SOTH penting mendidik orang tua untuk paham kebutuhan anak.

“Jadi bukan hanya faktor ekonomi, penyakit bawaan, atau kekurangan gizi semata. Pola asuh yang kurang tepat dari orang tua kepada anak juga jadi salah satu penyebab stunting. Oleh karena itu, SOTH ini dilakukan dengan tujuan untuk membangun komunikasi yang lebih baik antara orang tua dan anak-anak mereka, dengan menekankan pada pemahaman akan kebutuhan psikologis anak,” jelasnya lagi.

Pelaksanaan hari ini, sekaligus menutup rangkaian SOTH Kelurahan Siwalankerto yang dimulai sejak 20 Juli 2023.

“Setelah ini, mereka akan menjalani wisuda di Kota Madya (Balai Kota) Surabaya,” imbuhnya.

Selama SOTH berlangsung, para balita difasilitasi bermain sekaligus merangsang perkembangan motorik.

“Tanpa gadget, anak-anak ini diajak bermain mulai dari perosotan, lego, ayunan, bermain masak-masakan dan lain-lain didampingi para mahasiswa PCU bersama ibu-ibu kader atau PKK Siwalankerto. Setelah sesi belajar, para balita diberikan makanan bergizi yang mendukung pertumbuhan mereka,” jelasnya.

Diketahui, PCU bekerjasama dengan Pemerintah Kota Surabaya atau Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) menggelar Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) hari ini.

Diberitakan sebelumnya, Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) di 153 kelurahan di Surabaya sudah dimulai. Sementara waktu, peserta diprioritaskan bagi orang tua dengan balita pra-stunting.

Rini Indriyani Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Surabaya menyebut, SOTH merupakan upayanya bersama Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Timur dalam menuju zero stunting. (lta/ham)

Berita Terkait

..
Surabaya
Kamis, 20 Juni 2024
31o
Kurs