Minggu, 5 Mei 2024

Dua Orang Meninggal Saat Uji Coba Mobil Hybrid yang Dikembangkan Uni Eropa

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi kecelakaan mobil. Foto: Freepik

Dua orang tewas setelah purwarupa mobil hybrid yang sedang dikembangkan dan diuji coba dengan dana Uni Eropa meledak minggu lalu di kota Naples, Italia selatan.

Proyek Life-Save bertujuan untuk mengubah mobil dengan mesin pembakaran konvensional menjadi kendaraan hybrid, yang berjalan setidaknya sebagian dengan energi matahari.

Satu kendaraan yang dilengkapi dengan teknologi eksperimental tersebut terbakar pada hari Jumat lalu waktu setempat, melukai dua orang yang berada di dalamnya.

Maria Vittoria Prati peneliti di Dewan Riset Nasional Italia (CNR), meninggal dunia karena komplikasi luka bakar tingkat tiga pada hari Senin waktu setempat.

Penumpang lainnya, Fulvio Filace peneliti magang, meninggal semalam, kata juru bicara rumah sakit Cardarelli di Naples kepada Reuters pada hari Kamis, sesuai dikutip dari Reuters, Kamis (29/6/2023).

“Prati maupun Filace dirawat di rumah sakit dalam kondisi yang sangat serius, namun ada harapan lebih besar untuk menyelamatkan Filace mengingat usianya yang lebih muda,” ujar Pietro Rinaldi juru bicara rumah sakit Cardarelli.

“Tapi itu tidak cukup,” tambahnya.

Jaksa penuntut Naples sedang berusaha mencari tahu penyebab ledakan tersebut, tetapi penyelidikan mereka untuk saat ini tidak menunjukkan tersangka tertentu, kata kantor berita ANSA.

CNR (Dewan Penelitian Nasional Italia) mengatakan pada hari Kamis waktu setempat bahwa mereka telah memulai audit internal dan bekerja sama dengan penyelidikan.

Awal pekan ini, CNR memberikan penghormatan kepada Prati sebagai peneliti yang brilian dan sangat ahli di bidang studi emisi dan penggunaan bahan bakar alternatif.

eProInn, sebuah perusahaan spin-off dari Universitas Salerno di Italia selatan yang memiliki peran utama dalam proyek Life-Save, bekerja pada mobil konvensional yang dipasang secara retro dengan penggerak tenaga surya-hybrid.

Ide yang dipatenkan adalah melengkapi mobil produksi reguler dengan motor listrik tambahan, yang diisi oleh baterai dan panel surya yang dipasang di atap dan kap mesin.

Proyek ini didanai oleh Program LIFE dari Komisi Eropa, menurut halaman Facebook Life-Save. Setelah kecelakaan pada hari Jumat waktu setempat, situs webnya dinonaktifkan. (bnt/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
26o
Kurs