Sabtu, 27 April 2024

Evaluasi Sementara Mudik Lebaran, Jumlah Pengguna Tol Jakarta-Cikampek Catat Rekor Tertinggi

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi - Kepadatan antrean di Gerbang Tol Cikampek Utama I, Kamis (20/4/2023) malam. Foto: dephub.go.id

Muhadjir Effendy Menko PMK menyebut sampai H-2 Lebaran, pada Kamis (20/4/2023) malam, pergerakan kendaraan keluar Jakarta terpantau relatif lancar.

Hal tersebut disampaikan usai meninjau arus mudik di Tol Cikampek bersama Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan (Menhub) dan Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo Kapolri, Kamis malam kemarin.

“Secara umum sejauh ini evaluasi pelayanan arus mudik di Tol Jakarta-Cikampek ke arah timur berjalan sangat baik. Ada kemajuan dibandingkan tahun lalu,” kata Menko Muhadjir seperti dikutip dari dephub.go.id, Jumat (21/4/2023).

Menurutnya, sejumlah langkah antisipasi telah disiapkan dengan baik, seperti penambahan lajur jalan, maupun rekayasa lalu lintas seperti contra flow atau one way yang dilakukan secara dinamis menyesuaikan kondisi kepadatan jalan.

Selain itu, juga traffic counting yang dilakukan secara cepat dan akurat.

“Sejauh ini dan mudah-mudahan sampai arus balik selesai nanti tidak ada kecelakaan fatal baik di jalan tol mau pun arteri,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Kapolri menyebut pada H-3 atau Rabu (19/4/2023) lalu, jumlah kendaran yang melintas di Tol Jakarta-Cikampek mencetak rekor tertinggi dibanding arus mudik Tahun 2022.

“Pada H-3 mencapai angka 163 ribu kendaraan. Naiknya sekitar 20 persen dibandingkan Tahun 2022 lalu,” ucapnya.

Untuk itu, Sigit menuturkan kalau pihaknya akan menggelar rapat koordinasi lanjutan untuk mengambil keputusan mengenai penerapan rekayasa lalu lintas.

“Nanti keputusannya apakah masih ada contra flow, one way atau sudah normal kembali, akan melihat pada angka-angka pergerakan kendaraan per jam yang melintas di jalur tol,” katanya.

Sementara itu, Menhub mengungkapkan telah menyiapkan langkah antisipasi kepadatan arus balik yang puncaknya diprediksi terjadi pada 24 dan 25 April 2023.

Di antaranya berkoordinasi dengan para pengelola jalan tol dan juga operator transportasi agar memberikan diskon tarif di tanggal-tanggal tertentu setelah hari puncak.

“Jasa Marga sudah sepakat untuk memberikan diskon dan saya mengimbau Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) lainnya juga memberikan diskon. Saya juga akan menghubungi maskapai, operator kereta api dan kapal untuk memberikan diskon,” tegasnya.

Lebih lanjut, Menhub mengapresiasi kolaborasi semua pihak terkait yang telah mendukung kelancaran penyelenggaraan arus mudik sampai sekarang.

“Mudik aman dan berkesan sudah di depan mata, harapan kita bisa terus berjalan baik hingga selesai arus balik nanti,” tandasnya.(bil/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
28o
Kurs