Rabu, 8 Mei 2024

Festival Peneleh 2023, Sinergi Pemkot-BI Kembangkan Wisata Kampung Sejarah

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya (tengah) mengapresiasi pelaksanaan Festival Peneleh 2023. Foto: Istimewa

Festival Peneleh 2023 berhasil dilaksanakan dengan sukses. Kegiatan yang dikemas sebagai Festival Pesta Rakyat ini, merupakan rangkaian dari gelaran Java Coffee Culture 2023.

Event itu merupakan sinergi Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bersama Bank Indonesia (BI) Jawa Timur (Jatim) dan Komunitas Begandring Soerabaia.

Festival Peneleh 2023 menghadirkan berbagai rangkaian acara menarik. Seperti pasar rakyat, layar tancap, dan Peneleh Heritage Track.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengenalkan nilai sejarah, serta menjadi ajang promosi Kampung Wisata Sejarah Peneleh sebagai destinasi wisata batu di Kota Surabaya.

“Karena Peneleh, Pandean, Plampitan, hingga Lawang Seketeng memiliki sejarah yang besar. Olek karena itu, kami kembangkan wisata heritage ini,” ungkap Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya, Sabtu (8/7/2023) malam.

Eri menuturkan, banyak kalangan menyebut Peneleh sebagai situs kebangsaan. Salah satunya, terdapat rumah HOS Tjokroaminoto yang menjadi tempat tinggal Bung Karno saat remaja.

“Karena itulah puncak ilmu kebangsaan dan politik itu ada di Surabaya dari pemikiran HOS Tjokroaminoto. Kita sebagai penerus bangsa ini, anak-anak muda harus memiliki semangat dan spirit seperti Bung Karno dan HOS Tjokroaminoto,” katanya.

Selain aspek wisata dan sejarah, Festival Peneleh 2023 juga turut menggeliatkan perekonomian di kawasan Peneleh dengan menghadirkan UMKM.

“Ini adalah bagian dari program Bank Indonesia dalam mendukung UMKM dan sektor pariwisata. Pengembangan kampung wisata ini, kami berkolaborasi dengan OPD agar bisa keberlanjutan,” sebut Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jatim Doddy Zulverdi.(saf/rid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 8 Mei 2024
31o
Kurs