Senin, 22 Juli 2024

Ganjar Tanya Soal Pelanggaran HAM, Begini Respons Prabowo

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Tangkap layar saat Prabowo Subianto calon presiden nomor urut 2 dalam debat capres di Kantor KPU di Jakarta, Selasa (12/12/2023) malam.

Pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) menjadi topik pertanyaan Ganjar Pranowo calon presiden (capres) nomor urut 3 kepada Prabowo Subianto capres nomor urut 2.

Ganjar bertanya kepada Prabowo terkait kasus pelanggaran HAM berat seperti peristiwa 1965, penembakan misterius, peristiwa Talangsari Lampung 1989, penghilangan paksa, hingga peristiwa di Wamena.

“Kalau bapak ada di situ, apakah membuat pengadilan HAM dan membereskan rekomendasi DPR? Kedua, apakah bapak bisa membantu menemukan di mana kuburnya yang hilang agar ibu-ibu bisa berziarah?” tanya Ganjar dalam debat capres di Kantor KPU RI, Selasa (12/12/2023) malam.

Prabowo meresponnya dan menyebut masalah HAM acap kali ditanyakan kepadanya ketika maju sebagai capres.

“Jadi sekian tahun yang lalu kan masalah ini ditangani justru oleh (calon) wakil presiden Anda. Jadi apalagi mau ditanya kepada saya,” kata Prabowo.

“Saya sudah menjawab berkali-kali. Ada rekam digital. Saya sudah jawab berkali-kali tiap lima tahun,” imbuh Prabowo.

Prabowo menegaskan kesan bahwa ia pernah melakukan pelanggaran HAM berat sulit dibuktikan. Prabowo pun menegaskan bahwa dia sangat membela HAM.

Bahkan ada salah satu orang yang pernah dinyatakan hilang, namun sosoknya sekarang masih ada dan justru menjadi pendukungnya. Sosok tersebut mengarah ke Budiman Sudjatmiko yang kini mendukung Prabowo.

Prabowo kemudian berpesan kepada Ganjar agar masalah HAM tidak sekali-kali dipolitisasi. “Jadi kalau memang keputusannya kita adakan pengadilan HAM, tidak ada masalah ya,” tegasnya.

Untuk diketahui, debat pertama Pilpres 2024 yang digelar di KPU RI, Jakarta pada Selasa (12/12/2023) malam, merupakan debat antarcapres yang mengangkat tema tentang pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Rangkaian debat akan dilanjutkan pada 22 Desember 2023, 7 Januari 2024, 21 Januari 2024, dan 4 Februari 2024.

KPU menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (nomor urut 1), Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (nomor urut 2), dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD (nomor urut 3).(saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Senin, 22 Juli 2024
32o
Kurs