Senin, 29 April 2024

Gubernur Khofifah Tawarkan Aneka Paket Wisata untuk Libur Lebaran di Jatim

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim waktu mengunjungi hutan mangrove di Cengkrong, Kabupaten Trenggalek, Jumat (17/2/2023). Foto: Humas Pemprov Jatim

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur menawarkan aneka paket wisata yang tersebar di berbagai wilayah kabupaten/ kota provinsi setempat bagi masyarakat yang ingin menghabiskan masa liburan Idulfitri bersama keluarga.

“Pilihan wisata di Jatim (Jawa Timur) lengkap, mulai dari wisata alam, budaya, sejarah, sampai kuliner. Ayo, habiskan libur Lebaran ke Jatim,” kata Khofifah di Surabaya, Minggu (16/4/2023).

Menurutnya, Jatim memiliki banyak destinasi wisata eksotik, kekinian dan instagramable yang tidak ada duanya untuk dinikmati bersama keluarga.

“Sedikitnya Jatim memiliki 1.368 daya tarik wisata. Terdiri dari 475 wisata alam, 550 buatan, 343 budaya,” ujarnya melansir dari Antara.

Selain itu, Jatim memiliki potensi destinasi 596 desa wisata yang siap menyambut pemudik untuk berlibur. Ditambah fasilitas sarana sebanyak 1.576 hotel, 7.889 rumah makan atau resto, 1.743 homestay dan 1.792 biro perjalanan wisata.

Berdasarkan data Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim tahun 2022, terdapat 10 tempat wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan Nusantara.

Masing-masing adalah Telaga Sarangan di Magetan, Kebun Binatang Surabaya, Pantai Balekambang Malang, Go Fun Bojonegoro, Pantai Boom Banyuwangi, Pantai Klayar Pacitan, Taman Safari Pasuruan, Pantai Gemah Tulungagung, Pantai Watu Ulo Jember, dan Jatim Park II Batu.

Khofifah memastikan, menyambut liburan Idulfitri 2023, Pemprov (Pemerintah Provinsi) Jatim telah berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten/ kota, pengelola usaha pariwisata, termasuk desa wisata BUMDes untuk menawarkan paket-paket yang menarik.

Paket wisata tersebut diharapkan dapat menjadikan masa berwisata para wisatawan bertambah dan mempermudah akomodasi.

“Banyak yang kita susun dalam paket wisata. Misalnya paket berwisata di desa wisata. Ada ratusan desa wisata yang kita miliki. Banyak di antaranya yang telah terintegrasi dengan potensi wisata hingga tempat penginapan homestay. Paket-paket yang kami sediakan telah kami susun dalam booklet supaya lebih mudah tersosialisasikan ke masyarakat,” katanya.

Booklet paket wisata bisa diakses secara daring melalui laman https://online.pubhtml5.com/sshb/zxrq/#p=1.

Dalam booklet tersebut tertera lengkap lokasi, waktu yang disediakan, juga harga atau tarif yang dikenakan pada wisatawan.(ant/abd/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
26o
Kurs