Minggu, 5 Mei 2024

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Surabaya Borong Penghargaan Kategori Sekolah Hingga Kepala Daerah

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Seremonial penanaman pohon di acara penghargaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Provinsi Jawa Timur 2023, Senin (4/9/2023). Foto: Diskominfo Kota Surabaya

Hari Lingkungan Hidup Sedunia Provinsi Jawa Timur (Jatim) 2023, Surabaya borong penghargaan mulai kategori sekolah hingga kepala daerah.

Agus Hebi Djuniantoro Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya merinci yang pertama penghargaan kategori Sekolah Adiwiyata tingkat provinsi. “Total ada 16 sekolah di Surabaya yang menerima Adiwiyata Provinsi,” jelas Hebi lewat keterangan resmi yang diterima suarasurabaya.net, Selasa (5/9/2023).

Kedua, penghargaan kategori ECO Pesantren tingkat provinsi. “Ada 1 yaitu Pondok Pesantren Nurul Hidayah, Gadel Surabaya,” ungkap dia.

Selain itu, ada tujuh kelurahan di Kota Surabaya meraih penghargaan Kelurahan Berseri. Kelurahan Berseri Kategori Pratama yang berhasil diraih Kelurahan Babatan, Kecamatan Wiyung.

“Kelurahan Berseri kategori Pratama juga diraih oleh Kelurahan Manyar Sabrangan, Kecamatan Mulyorejo, Kelurahan Manukan Kulon, dan Kecamatan Tandes,” papar Hebi.

Kategori Madya, diraih tiga kelurahan di Surabaya mulai, Kelurahan Gunungsari, Kecamatan Dukuh Pakis, Kelurahan Gunung Anyar Tambak Kecamatan Gunung Anyar dan ketiga Kelurahan Rungkut Kidul, Kecamatan Rungkut Surabaya.

“Sementara untuk kategori mandiri, diraih oleh Kelurahan Margorejo, Kecamatan Wonocolo Surabaya. Jadi total ada 7 kelurahan yang mendapat penghargaan Kelurahan Berseri,” tuturnya.

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya menerima sederet penghargaan mulai kategori sekolah hingga kepala daerah dari Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim, Senin (4/9/2023). Foto: Diskominfo Kota Surabaya

Kategori kepala daerah, Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya menyabet penghargaan Green Leadership Terbaik I tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2023 dan Pembina Program Kampung Iklim (Proklim) Terbaik Tahun 2023 Tingkat Provinsi Jatim.

Jempin Marbun Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jawa Timur juga sempat menyinggung soal kualitas udara di Kota Surabaya saat acara pemberian penghargaan kemarin, Senin (4/9/2023) di Malang. Menurutnya kualitas udara di Kota Pahlawan kondisinya baik.

“Kami cek tadi jam 8 pagi melalui Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU), khususnya di dua kota besar yaitu di Malang dan Surabaya kondisinya baik. Dengan nilai, Malang 37 dan Surabaya 28,” kata Jempin Marbun.

Ia juga menjabarkan bahwa berdasarkan penilaian ISPU, untuk nilai 0-50 merupakan kategori baik dan nilai 50-100 kategori sedang. Sedangkan untuk nilai 101-200 merupakan kategori tidak sehat dan nilai 201-300 tergolong kategori sangat tidak sehat.

“Jadi (kualitas udara) Jawa Timur boleh dikatakan sehat,” pungkasnya. (lta)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
26o
Kurs