Minggu, 21 Juli 2024

Indonesia Sajikan Kerak Telor dan Bir Pletok Pertamanya di Paris

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Chef Marinka membawa kerak telor ke Paris, Prancis, untuk pertama kalinya dalam sejarah. Foto: Antara/HO-KBRI Paris Chef Marinka membawa kerak telor ke Paris, Prancis, untuk pertama kalinya dalam sejarah. Foto: Antara/HO-KBRI Paris

Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta bersama KBRI Paris untuk pertama kalinya hadirkan bir pletok dan kerak telor di Paris, Prancis.

“Indonesia menyimpan banyak resep lainnya yang perlu dicicipi dan dipelajari,” ujar Mohammad Oemar Dubes RI di Paris pada Sabtu (7/10/2023) melansir dari Antara.

Oemar melanjutkan, para calon koki (chef) dunia dapat ikut mempromosikan makanan dengan cita rasa khas Indonesia. Hal ini karena sebagian besar bumbu dasar masakan indonesia telah di ekspor ke seluruh dunia.

Perlu diketahui, acara ini merupakam bagian dari penutup “Festival Nusantara” yang berlangsung sejak 29 september hingga 5 oktober 2023 lalu. Bertajuk “Culinary Voyage to the Archipelago of Indonesia”, kegiatan ini diselenggarakan di Sekolah Gastronomi Le Cordon Bleu Paris.

“Kegiatam tersebut ditujukan untuk terus meningkatkan visibilitas Indonesia di Prancis dan dapat menembus pasar dunia setelah tampil di Prancis,” tutur Dubes RI ini.

Dia menambahkan, puluhan mahasiswa Cordon Bleu memenuhi ruang demo masak kerak telor. Para pelajar terlihat antusias mempelajari bumbu khas tanah air yang telah membuka eksplorasi (spice route).

“Para calon chef dunia itu sangat tertarik dengan penggunaan arang atau kayu dalam proses pembuatan kerak telor dengan cara tradisional yang dapat memberikan aroma istimewa,” ungkapnya.

Sementara itu, Andre Cointreau CEO Le Cordon Blue International mengungkapkan, para lulusan asal Indonesia dibidang ilmu gastronomi sukses dalam meningkatkan mutu sajian. Ia pun sedang melihat peluang kerja sama dengan Pemerintah Indonesia untuk mengembangkan sekolah gastronomi di tanah air.

“Saat ini, terdapat sedikitnya 30 mahasiswa asal Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di Le Cordon Bleu Paris,” bebernya.

Lebih lanjut dalam rangakaian “Festival Nusantara”, acara ini diawali dengan promosi perdagangan dalam pameran koleksi “Spring/Summer 2024” pada agenda resmi Paris Fashion Week.

Beberapa desainer asal Indonesia menampilkan koleksinya di L’Adresse Showroom selama satu minggu kepada calon pembeli yang hadir dari seluruh dunia. (ant/feb/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Minggu, 21 Juli 2024
30o
Kurs