Rabu, 8 Mei 2024

Informasi Pengobatan Ida Dayak di Lapangan Kodam Surabaya Hoaks

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Klarifikasi atas informasi hoaks pengobatan Ida Dayak di Surabaya. Foto: Kodam V Brawijaya

Beredar informasi pengobatan yang dilakukan oleh Ida Dayak, perempuan asal Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, di Lapangan Makodam V/Brawijaya, Surabaya pada tanggal 1-4 Mei 2023.

Dalam narasi yang beredar, masyarakat yang memiliki keluarga dengan tangan bengkok hingga stroke dan bisu diminta untuk dibawa berobat ke wanita yang terkenal lewat aksi pengobatannya dengan ritual menari dan mengoleskan minyak ke tubuh pasien yang sakit ini.

Mayor Bambang Kasi Media Online Pendam Kodam V/Brawijaya, Kamis (13/4/2023), dalam keterangannya memastikan informasi tersebut hoaks dan tidak benar.

“Untuk memberikan informasi yang nyata kepada masyarakat bahwa kegiatan pengobatan ibu Ida Dayak yang dilaksanakan di Lapangan Makodam V Brawijaya tanggal 1 sd 4 Mei 2023 tidak benar. Dan Kodam V Brawijaya tidak melaksanakan kegiatan tersebut,” demikian disampaikan Mayor Bambang.

Pihaknya turut meminta agar masyarakat tidak mempercayai informasi tersebut dan tidak datang ke Lapangan Makodam V Brawijaya Surabaya, karena informasi ini sudah tersebar ke banyak kanal.

Klarifikasi Suara Surabaya Media terkait informasi pengobatan Ida Dayak di Surabaya. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Sebelumnya Suara Surabaya menerima tangkapan layar postingan di Facebook yang mengatasnamakan E100 – SEPUTAR SURABAYA, yang membagikan informasi pengobatan Ida Dayak.

Redaksi memastikan bahwa E100 yang ada dalam tangkapan layar tersebut bukan E100 yang dikelola Suara Surabaya.

Facebook yang dikelola Suara Surabaya hanya e100 dengan logo dan nama yang jelas. Hanya e100 tidak ada kata tambahan.

Segala informasi yang bersumber dari nama akun yang mirip atau sengaja disamakan dengan media kami, di luar kewenangan pengelolaan Suara Surabaya Media sehingga isinya bukan tanggung jawab keredaksian.(dfn/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 8 Mei 2024
27o
Kurs