Minggu, 26 Mei 2024

Jalur Kulon Progo Yogyakarta Sudah Steril, 12 Kereta Tujuan Stasiun Gubeng Masih Terlambat Sore Ini

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
KA Argo Semeru relasi Gubeng-Gambir anjlok di Kulon Progo, Yogyakarta pada Selasa (17/10/2023) siang. Foto: Imam Agus Ali untuk suarasurabaya.net

Jalur hulu antara Stasiun Sentolo-Stasiun Wates Kulon Progo Yogyakarta sudah steril dan bisa dilalui kereta api kecepatan terbatas 40 kilometer per jam.

Luqman Arif Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya menyampaikan, pukul 11.35 WIB tadi, KA Argo Lawu relasi Solo Balapan-Gambir melintas untuk yang pertama kali.

“KAI ucapkan terima kasih kepada semua stakeholders yang terlibat dalam proses normalisasi jalur rel antara Sentolo – Wates. Hasil kordinasi dengan petugas di Daop 6 Yogyakarta mengabarkan saat ini satu jalur rel sudah bisa dilalui dengan kecepatan terbatas. Sejumlah perbaikan jalur rel terus dilaksanakan agar dapat segera beroperasi kembali,” kata Luqman Arif, Rabu (18/10/2023).

Namun hingga pukul 15.00 WIB, lanjutnya, masih ada 12 KA jarak jauh mengalami keterlambatan kedatangan di Stasiun Surabaya Gubeng terdiri dari:

1. KA Pandalungan relasi Gambir-Surabaya-Jember, terlambat 14 menit
2. KA Jayabaya relasi Pasarsenen-Surabaya-Malang, terlambat 70 menit
3. KA Jayakarta relasi Pasarsenen-Surabaya-Gubeng terlambat 107 menit
4. KA Malabar relasi Bandung-Malang terlambat 125 menit
5. KA Gajayana relasi Gambir-Malang terlambat 100 menit
6. KA Gumarang relasi Pasarsenen-Surabaya Pasarturi terlambat 60 menit
7. KA Harina relasi Bandung-Surabaya Pasarturi terlambat 50 menit
8. KA Mutiara Selatan relasi Bandung-Surabaya Gubeng terlambat 185 menit
9. KA Ranggajati relasi Jember-Surabaya Gubeng-Cirebon, terlambat 20 menit
10. KA Logawa relasi Jember-Surabaya Gubeng-Purwokerto, terlambat 20 menit
11. KA Majapahit relasi Pasarsenen-Malang, terlambat 32 menit
12. KA Sancaka relasi Yogyakarta-Surabaya Gubeng, terlambat 13 menit.

Mengacu Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor PM 63 Tahun 2019 tentang Standar Pelayanan Minimum Angkutan Orang dengan Kereta Api, Dia menyebut ada kompensasi keterlambatan KA antarkota, yaitu:

  1. Keterlambatan keberangkatan kereta api lebih dari 1 jam, penumpang dapat membatalkan tiket dan mendapatkan pengembalian seluruh biaya tiket. Jika tidak membatalkan tiket, maka diberikan minuman ringan untuk keterlambatan lebih dari 1 jam. Diberikan minuman dan makanan ringan berat untuk keterlambatan lebih dari 3 jam.
  2. Apabila kereta api antarkota terlambat datang di stasiun tujuan, maka penumpang mendapatkan makanan dan minuman ringan pada jam ketiga keterlambatan, makanan dan minuman berat pada jam kelima keterlambatan, penumpang dapat memilih melanjutkan perjalanan atau beralih ke transportasi lain dan mendapat penggantian uang tiket.
  3. Bila terdapat hambatan dalam perjalanan, sehingga kereta tidak dapat melanjutkan ke stasiun tujuan, maka penyelenggara wajib menyediakan kereta atau transportasi lain sampai stasiun tujuan dan memberi ganti kerugian seharga tiket.

“KAI menyampaikan mohon maaf yang sebesar-besarnya atas kejadian yang tidak diinginkan oleh semua pihak tersebut. KAI dengan pihak-pihak terkait terus melakukan upaya normalisasi jalur agar perjalanan kembali lancar,” pungkas.

Untuk diketahui, KA Argo Semeru relasi Gubeng-Gambir anjlok di daerah Kalimenur, Kapanewon Sentolo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta pada Selasa (17/10/2023) siang sekitar pukul 13.15 WIB.

Akibatnya, sejumlah kereta api keberangkatan maupun kedatangan ke stasiun wilayah KAI Daop 8 Surabaya pun terlambat karena pengalihan rute setelah insiden terjadi. (lta/bil/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Minggu, 26 Mei 2024
30o
Kurs