Kamis, 2 Mei 2024

Jelang Hari Santri Nasional, PCNU Surabaya Luncurkan Podcast

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Suasana Podcast NU Surabaya pertama tentang resolusi jihad Hari Santri, Minggu (1/10/2023). Foto: PCNU Surabaya

Guna menyambut Hari Santri yang jatuh setiap tanggal 22 Oktober, Pengurus Nahdlatul Ulama Cabang (PCNU) Surabaya meluncurkan podcast sebagai media dakwah.

Launching podcast PCNU Surabaya itu digelar bersama dengan agenda “Ngaji Kebangsaan” sebagai rangkaian peringatan Hari Santri Nasional 2023 di Kantor PCNU, Jalan Bubutan, Surabaya.

Habib Umarsyah Ketua PCNU Surabaya menyampaikan media digital ini menjadi alat PCNU Surabaya menghadirkan suasana resolusi jihad sepanjang bulan Oktober.

“Resoluasi jihad itu harus didudukkan kembali pada posisinya. Sebagai apa? Sebagai cikal bakal lahirnya perang rakyat di Surabaya hingga kita kenal sebagai Hari Pahlawan pada tanggal 10 November,” katanya, Minggu (1/10/2023) di Surabaya.

Menurutnya, digitalisasi menjadi pekerjaan rumah yang harus digarap serius seluruh pengurus NU mulai dari tingkat pusat sampai ranting.

Digitalisasi, lanjut Umar, sesuai dengan rekomendasi hasil Musyawarah Nasional (Munas) dan Konbes NU 2023, yang mana menjadi langkah untuk memodernisasi organisasi dan memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

KH Abdul Hakim Mahfudz alias Gus Kikin yang menjadi narasumber pada podcast perdana ini mengulas soal pentingnya memaknai resolusi jihad yang menjadi semangat pertempuran 10 November 1945.

Dalam episode perdana yang dipandu KH Dr. Khusnul Khuluq itu, Gus Kikin mengatakan, semangat jihad harus terus digelorakan di berbagai aspek guna menyongsong Indonesia Emas pada 2045 mendatang.

“Ke depan, resolusi jihad harus bertransfornasi ke dalam setiap aspek kehidupan” katanya. (wld/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
32o
Kurs