Rabu, 1 Mei 2024

Jemaah Haji Asal Madiun Meninggal di Madinah

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ratusan jemaah haji bersiap naik bus menuju Bandara Juanda untuk terbang ke tanah suci, Rabu (24/5/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Seorang calon haji asal Kota Madiun, Ibnu Syahid Dasjil, meninggal dunia di Madinah, Arab Saudi.

Husnul Maram Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya menginformasikan calon haji tersebut meninggal pada 28 Mei 2023 di usia 64 tahun. Jemaah yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 2 itu meninggal dunia karena sakit.

“Semoga keluarga yang ditinggalkan ikhlas menerima kabar duka ini. Insya Allah, niat almarhum untuk berhaji sudah dicatat-Nya,” kata Husnul dilansir dari Antara, Selasa (30/5/2023). PPIH Embarkasi Surabaya mencatat, hingga kini tiga calon haji asal Jawa Timur meningga dunia setibanya di Madinah.

Dua calon haji lainnya yang meninggal dunia adalah Ahmad Suhadak Riduwan, usia 53 tahun, asal Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik, yang tergabung dalam kloter 9. Jemaah lainnya adalah Langen Delem Dussalam, usia 90 tahun, asal Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan yang tergabung dalam Kloter 1.

“Kami menyampaikan duka mendalam atas meninggalnya jemaah di Madinah. Jemaah yang meninggal dimakamkan di Madinah,” ujar Husnul.

Husnul yang juga menjabat Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Jawa Timur menjelaskan sampai hari ini PPIH Embarkasi Surabaya telah memberangkatkan total 6.256 jemaah ke Tanah Suci yang terbagi 14 kloter.

Sementara hari ini, calon jemaah haji kloter 15, 16, dan 17 asal Kabupaten Madiun dan Sidoarjo memasuki Asrama Haji Embarkasi Surabaya. Petang tadi, Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim mengunjungi Asrama Haji Embarkasi Surabaya bertepatan dengan peringatan Hari Lanjut Usia Nasional, 29 Mei 2023.

Haji Berkeadilan dan Ramah Lansia menjadi “tagline” dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun 1444 H/ 2023. Dari total 35.152 jamaah calon haji asal Jawa Timur yang berangkat ke Tanah Suci, sebanyak 1.758 di antaranya lanjut usia (lansia) dengan rentang usia termuda 85 tahun dan tertua 119 tahun.

Mantan Menteri Sosial itu berharap jamaah calon haji semuanya sehat, diijabah doanya, maqbul dan mabrur. “Mohon doakan kami juga yang di Jawa Timur. Bapak Ibu sehat, kami juga sehat. Bapak ibu selamat, kami juga selamat. Bapak ibu mendapatkan limpahan barokah, kami juga dapat barokah,” ucap Khofifah.(ant/put/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
32o
Kurs