Minggu, 28 April 2024

Kapolri : Kehadiran Satgas TPPO Mulai Dirasakan Masyarakat

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo , Kapolri, didampingi Komjen Pol. Agus Andrianto, Kabareskrim (kanan) dan Irjen Pol. Krishna Murti , Kadiv Hubinter (kiri) menyampaikan sambutan dalam pembukaan acara ASEAN Senior Officials Meeting on Transnational Crime (SOMTC). Foto : Antara

Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) menilai kehadiran Satuan Tugas Tindak Pidana Perdagangan Orang (Satgas TPPO) Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) mulai dirasakan masyarakat.

“Begitu Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo Kapolri membentuk satgas itu, kita melihat telah menyelamatkan lebih dari 1.500 korban dan menangkap 550 tersangka dari 460 laporan pengaduan,” kata Dr Edi Hasibuan, Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) dalam keterangan tertulis di Jakarta, pada Jumat (23/6/2023).

Melansir Antara, Edi menjelaskan, kecepatan Polri dalam mengungkap kasus TPPO membuktikan bahwa Polri telah hadir sebagai pelayan, pelindung, pengayom dan penolong untuk masyarakat.

“Kerja cepat seluruh jajaran Polri dalam mengungkap TPPO di berbagai tempat tentu memberikan kenyamanan kepada masyarakat,”. Ujar Edi

Dia juga mengatakan, Satgas Polri saat bekerja tidak hanya menemukan perdagangan orang tapi juga perdagangan organ manusia secara ilegal.

Menurut dia, dugaan penjualan ginjal manusia ilegal diungkap oleh Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya dan Polres Bekasi saat mengusut TPPO di Bekasi, Jawa Barat, beberapa hari lalu.

“Kami menyampaikan apresiasi kepada Polda Metro Jaya yang berhasil mengungkap TPPO, termasuk membongkar sindikat penjualan ginjal di Tarumajaya, Bekasi,” katanya.

Dia mengatakan, pengungkapan kasus perdagangan manusia sekaligus perdagangan organ tubuh ilegal perlu waktu yang lebih lama dibandingkan dengan perkara pidana lain.

“Kita harapkan Polda Metro Jaya terus melakukan pendalaman untuk mengungkap kasus TPPO ini seterang-terangnya. Kita berikan waktu kepada Kapolda Metro Jaya untuk membongkar kasus TPPO ini sampai tuntas,” ujarnya.

Sebelumnya, Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Kapolri , membentuk Satgas TPPO dari mulai tingkat markas besar Polri hingga jajaran Polda.

Irjen Pol Sandi Nugroho Kepala Divisi Humas Polri, di Jakarta, Selasa (6/6/2023), mengatakan pembentukan Satgas TPPO di mabes akan dipimpin Wakil Kepala Badan Reserse Kriminal Polri dan Wakapolda di tingkat Polda.

Bahkan, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Kapolri, mengangkat isu TPPO pada ajang Pertemuan Pejabat Senior ASEAN untuk Kejahatan Transnegara (SOMTC) sebagai upaya melindungi WNI di luar negeri.

Pada pertemuan yang digelar di Yogyakarta, Selasa (20/6/2023), Kapolri mengatakan kerja sama lintas negara tidak hanya sekadar kerja sama tukar-menukar informasi, tapi juga bagaimana bisa meningkatkan untuk dilakukan penegakan hukum dengan menangkap pelaku di luar negeri. (ant/dvn/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
29o
Kurs