Kamis, 30 Mei 2024

Kasal: TNI AL Butuh 12 Kapal Selam untuk Perkuat Kedaulatan NKRI di Laut

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Kapal selam KRI Alugoro 450 dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kesatuan Kapal Selam TNI AL dan Penyematan Brevet Kehormatan Hiu Kencana di Dermaga Ujung Madura Koarmada II, Selasa (12/9/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net Kapal selam KRI Alugoro 450 dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kesatuan Kapal Selam TNI AL dan Penyematan Brevet Kehormatan Hiu Kencana di Dermaga Ujung Madura Koarmada II, Selasa (12/9/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Laksamana TNI Muhammad Ali Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) mengatakan, saat ini TNI AL masih membutuhkan kurang lebih 12 kapal selam baru untuk memperkuat kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di wilayah laut.

Hal tersebut ia ungkapkan dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kesatuan Kapal Selam TNI AL dan Penyematan Brevet Kehormatan Hiu Kencana di Dermaga Ujung Madura Koarmada II, Selasa (12/9/2023).

“Kita masih butuh terus kapal selam, kurang lebih 12 kapal selam yang di programkan oleh Kementerian Pertahanan (Kemenhan) untuk menguatkan penjagaan, kedaulatan NKRI, khususnya kedaulatan negara di laut,” ucapnya.

Laksamana TNI Muhammad Ali Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) di Dermaga Ujung Madura Koarmada II, Selasa (12/9/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net
Laksamana TNI Muhammad Ali Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) di Dermaga Ujung Madura Koarmada II, Selasa (12/9/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Ia mengatakan bahwa pengadaan kapal selam baru tersebut, akan dilakukan melalui program transfer of technology, sehingga kapal selam nantinya dapat diproduksi di dalam negeri.

“Pembuatan sudah selesai semua, nanti tinggal menentukan kontrak penetapan, dan dengan pabrikan atau galangan kapal mana. Harapannya, bisa dibangun di Indonesia,” katanya.

Dalam kesempatan itu, ia menambahkan bahwa jumlah 12 tersebut merupakan jumlah mininum. Karena menurutnya, jumlah idealnya yakni sekitar tiga kali lipatnya.

“Kalau kondisi ekonomi membaik mungkin bisa lebih, kurang lebih seperti itu,” imbuhnya.

Sementara saat ini, TNI AL memiliki empat kapal selam, yakni satu kapal selam Cakra-class dan tiga kapal selam Nagapasa-class.

Sebagai informasi, dalam rangkaian HUT Satuan Kapal Selam TNI AL itu, penyematan brivet kehormatan Hiu Kencana diberikan keada delapan TNI AL.

Mereka yakni Laksdya TNI Heru Kusmanto Pangkoarmada RI, Laksdya TNI Nurhidayat Danpushidrosal, Letjen TNI (Mar) Suhartono Dankodiklatal, Laksdya TNI Erwin S. Aldedharma Pangkogabwilhan I, Laksda TNI Maman Firmansyah Wagub Lemhannas , Laksda TNI Achmad Wibisono Pangkoarmada I, Laksda TNI Yayan Sofiyan Pangkoarmada II, dan Laksda TNI Rachmad Jayadi Pangkoarmada III.

“Jadi beliau-beliau ini pernah menjabat sebagai Panglima Armada juga dan ada kaitannya dengan pendidikan dan pelatihan satuan kapal selam dan dalam pembinaan perawatan awak kapal selam yang ada di Koarmada II ini,” tuturnya.

“Dilaksanakan untuk memberikan motivasi juga kepada para prajurit pengawak kapal selam, prajurit hiu kencana, supaya lebih semangat dalam melaksanakan tugas, dan lebih profesional lagi ke depan,” pungkasnya. (ris/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Kamis, 30 Mei 2024
26o
Kurs