Jumat, 19 April 2024

KBRI Tokyo Pamerkan Budaya Bali di Ajang Enoshima Bali Sunset 2023

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Warga Jepang menikmati pertunjukkan budaya Bali pada Enoshima Bali Sunset 2023 yang diselenggarakan pada 2 sampai 3 September 2023 di Pulau Enoshima, Prefektur Kanagawa. Foto: KBRI Tokyo

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Tokyo menyelenggarakan Enoshima Bali Sunset 2023 pada 2-3 September 2023 di Pulau Enoshima, Fujisawa, Prefektur Kanagawa. Acara tersebut diramaikan oleh warga Jepang yang menikmati nuansa dan ragam seni budaya Bali.

Gelaran ke-16 acara tahunan ini kembali menghadirkan Bali dengan segala keindahannya melalui berbagai seni tari dan pernak-pernik hiasan khas tradisional Bali.

John Tjahjanto Boestami Wakil Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang menyampaikan, promosi ragam budaya Bali adalah kolaborasi bersama masyarakat Indonesia dan Jepang yang didukung penuh oleh KBRI Tokyo.

“Minat warga Jepang terhadap kebudayaan Indonesia khususnya Bali sangat besar ya, jadi upaya kita adalah bagaimana menghadirkan kekayaan seni dan budaya Bali di Jepang dalam konteks yang lebih luas,” ucapnya dalam keterangan yang diterima suarasurabaya.net pada Senin (4/9/2023).

“Diplomasi tidak harus dilakukan oleh kami di KBRI atau oleh Garuda selaku BUMN, tapi diplomasi bisa dilakukan oleh seluruh elemen warga negara dan diaspora Indonesia di Jepang,” imbuhnya

Tsuneo Suzuki Wali Kota Fujisawa turut hadir dan memastikan dukungan penuh Pemerintah Jepang terhadap gelaran Enoshima Bali Sunset yang merupakan simbol kuatnya kerja sama Indonesia – Jepang.

Ami Hasegawa Penggagas sekaligus Ketua Panitia Bali Sunset mengatakan, kecintaannya terhadap budaya Bali yang membuat digelarnya kegiatan gelaran Enoshima Bali Sunset.

“Saya ingin terus mengenalkan budaya Bali ke orang Jepang. Semoga acara ini semakin mempererat Indonesia dan Jepang,” kata Ami Hasegawa.

Mayoritas warga Jepang yang hadir tampak larut menyaksikan berbagai grup kesenian yang unjuk tampil di Enoshima Bali Sunset. Di antaranya adalah penampilan gamelan dari grup Sekar Jepun yang mayoritas pemainnya adalah orang Jepang.

“Senang dan meriah sekali acara ini. Saya belum pernah ke Bali tapi dengan acara ini saya merasa seperti berada di Bali,” ungkap Keiko Kana, salah seorang pengunjung.

Selain kesenian Bali, pada hari pertama pertunjukan ini juga menampilkan Tari Saman Aceh yang dibawakan oleh Grup Duta Melati yang sebagian pemainnya adalah orang Jepang. Penampilan Tari Saman untuk kali pertama di ajang Enoshima Bali Sunset ini juga mendapat sambutan meriah dari para pengunjung.

Pada kegiatan ini, KBRI Tokyo membuka stan promosi pariwisata Indonesia yang didukung oleh Garuda Indonesia. Kegiatan dimanfaatkan pula untuk menjaring responden Survei Citra Indonesia. Untuk menarik minat pengunjung mengisi survei, KBRI Tokyo memberikan suvenir kecil khas Indonesia.

Sebagai informasi, dalam acara tersebut hadir juga Meinarti Fauzie Koordinator Fungsi Pensosbud dan Mukti Romadona Setianto Diplomat Muda. Turut hadir pula Sony Syahlan General Manager Garuda Indonesia untuk Jepang. (bnt/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
26o
Kurs