Minggu, 28 April 2024

Kekerasan Anak di Lingkungan Keluarga Jadi yang Tertinggi Sepanjang 2023

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Lia Latifah (kedua kiri) Pjs Ketua Umum Komisi Nasional Perlindungan Anak dalam konferensi pers Catatan Akhir Tahun Komnas PA Tahun 2023 di Jakarta, Kamis (28/12/2023). Foto: Antara Lia Latifah (kedua kiri) Pjs Ketua Umum Komisi Nasional Perlindungan Anak dalam konferensi pers Catatan Akhir Tahun Komnas PA Tahun 2023 di Jakarta, Kamis (28/12/2023). Foto: Antara

Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) menyebut lingkungan keluarga menempati porsi tertinggi sebagai tempat kejadian kekerasan terhadap anak sepanjang 2023.

“Berdasarkan lokus kekerasan terhadap anak, lingkungan keluarga 35 persen, lingkungan sekolah 30 persen, lingkungan sosial 23 persen, dan tidak disebutkan 12 persen,” kata Lia Latifah Pjs Ketua Umum Komnas PA, Kamis (28/12/2023) dilansir Antara.

Sementara pelaku kekerasan terhadap anak, lanjutnya, umumnya adalah orang-orang terdekat dari anak, seperti ayah atau ibu kandung, ayah atau ibu tiri, paman, dan guru.

Sebagian besar kasus kekerasan terhadap anak yang dilaporkan berasal dari keluarga kelas menengah.

“Tindakan kekerasan terhadap anak juga terjadi di keluarga kelas bawah dan keluarga kelas atas, tetapi tindakan yang dilaporkan lebih banyak dari keluarga menengah,” katanya.

Oleh karena itu, menurut Latifah penanganan masalah kekerasan terhadap anak harus menjadi prioritas bersama.

“Dibutuhkan kesadaran orang tua, guru, kepedulian masyarakat, dan peran pemerintah,” ujarnya.

Lebih lanjut, Komnas PA meminta kepada orang tua agar bisa menahan diri untuk tidak melampiaskan kekesalan terhadap anak. Mengingat kasus kekerasan anak didominasi oleh pelaku dari lingkungan keluarga.

Masyarakat pun diminta untuk ikut mengawasi jika di lingkungannya terjadi kekerasan terhadap anak. “Masyarakat hendaknya berani melapor,” pungkasnya. (ant/feb/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
27o
Kurs