Minggu, 3 Maret 2024

Kembangkan SDM Sektor Transportasi, Kemenhub dan ITS Jalin Kerja Sama

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Budi Karya Sumadi Menhub (tengah) menyaksikan penandatangan kerja sama pengembangan SDM di sektor perhubungan antara Kemenhub dan ITS di Surabaya, Sabtu (7/10/2023). Foto: Antara

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya melakukan kerja sama di bidang pengembangan sumber daya manusia (SDM) sektor transportasi.

Budi Karya Sunadi Menteri Perhubungan menerangkan kerja sama itu meliputi bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, pengembangan, dan pemanfaatan SDM serta bidang lainnya yang disepakati para pihak.

“Pemikiran, penelitian, dan inovasi harus didasarkan pada satu hal, yakni masyarakat. Apa yang kita teliti harus mampu dihilirisasikan atau dibuat nyata sehingga memberikan manfaat langsung kepada masyarakat,” kata Budi melansir Antara, Minggu (10/8/2023).

Kerja sama kedua pihak ditandai dengan penandatanganan Letter of Intent (LoI) oleh Wisnu Handoko Plt Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan dengan Bambang Pramujati Wakil Rektor Bidang IV Bidang Riset, Inovasi dan Kerjasama, dan Kealumnian ITS, yang disaksikan langsung oleh Menhub di Surabaya, Jatim, Sabtu (7/10/2023) kemarin.

Lewat kerja sama dalam berbagai lingkup ini, Budi berharap sejumlah penelitian yang dilakukan bisa berdampak dan dirasakan langsung oleh masyarakat.

Menhub menyebut salah satu contoh hasil inovasi dan penelitian karya anak bangsa yang bermanfaat, yaitu motor listrik Gesits.

“Gesits merupakan kendaraan listrik berbasis baterai buatan Indonesia yang ramah lingkungan dan mudah dioperasikan. Produk tersebut telah dipasarkan dan diproduksi massal,” katanya.

Budi mengapresiasi inisiatif kerja sama dengan ITS. Sebab melalui kerja sama ini, penelitian di bidang transportasi diharapkan semakin berkembang serta bisa terhilirisasi dengan baik.

Menhub juga meminta perguruan tinggi dapat melibatkan pihak industri sejak awal dalam melakukan penelitian sehingga produk-produk yang dihasilkan dapat segera diproduksi secara massal.

“Penelitian dan inovasi banyak, namun yang terhilirisasi juga harus banyak. Untuk itu, bagaimana dari awal industri itu harus dilibatkan agar teknologi transportasi kita bisa lebih kompetitif,” ucap Menhub. (ant/wld/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Surabaya
Minggu, 3 Maret 2024
28o
Kurs