Jumat, 23 Februari 2024

Kemenkominfo Finalisasi Penyusunan Visi Indonesia Digital 2045

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Budi Arie Setiadi Menteri Komunikasi dan Informatika dalam acara Peluncuran Buku Putih Strategi Nasional Pengembangan Ekonomi Digital 2030 di Jakarta Selatan, Rabu (6/12/2023). Foto : Antara

Budi Arie Setiadi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) menyatakan pihaknya sedang memfinalisasi penyusunan dokumen Visi Indonesia Digital (VID) 2045.

Menkominfo menjelaskan dokumen itu akan menjadi alternatif strategi pembangunan ekosistem digital menuju Indonesia Emas 2045.

“Harapannya (VID 2045–red) dapat memperkaya opsi perencanaan di bidang digital yang telah disusun oleh kementerian dan lembaga terkait lainnya. Termasuk untuk memperkaya substansi Buku Putih Strategi Nasional Pengembangan Ekonomi Digital yang diluncurkan pada hari ini,” ujar Budi Arie dalam keterangan resminya pada Kamis (7/12/2023) seperti dilansir Antara.

Hal itu disampaikannya dalam Peluncuran Buku Putih Strategi Nasional Pengembangan Ekonomi Digital 2030 di Jakarta Selatan, Rabu (6/12/2023).

Menkominfo menjelaskan penyusunan VID 2045 melibatkan 50 pemangku kepentingan, seperti kementerian dan lembaga terkait, perusahaan teknologi global, dan asosiasi di bidang digital.

Dia mengatakan proses sinkronisasi dengan berbagai dokumen pemerintah di bidang digital dilakukan untuk memastikan keselarasan antar dokumen.

Budi Arie menyatakan sebagai arah pembangunan digital, VID 2045 memuat tiga perspektif. Pertama, melalui perspektif ekosistem yang dituangkan ke dalam kerangka strategi untuk pembangunan digital.

Kedua, perspektif kewilayahan. Di mana masing-masing daerah dapat menetapkan prioritas pembangunan digital dengan mempertimbangkan keunikan, potensi, dan hambatan di setiap wilayah.

Sedangkan dari perspektif sektoral, arah pembangunan digital memberikan rekomendasi sektor yang perlu diprioritaskan sebagai pendorong utama pertumbuhan ekonomi.

“Penentuan sektor prioritas tersebut didasarkan pada tingkat maturitas digital dan potensi kontribusi sektor terhadap produk domestik bruto (PDB),” kata dia.

Kerangka VID 2045 disusun dengan menempatkan infrastruktur digital sebagai fondasi transformasi digital, yang menopang tiga pilar utama, yaitu pemerintahan digital yang responsif, ekonomi inovatif berbasis teknologi digital, dan inklusi digital bagi seluruh masyarakat.

Adapun pencapaian VID dilakukan dengan mengedepankan prinsip pembangunan digital yang inklusif, memberdayakan, dan berkelanjutan. (ant/and/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Jumat, 23 Februari 2024
32o
Kurs