Jumat, 3 Mei 2024

Kemenpan RB Jaring Ide Perbaikan Pelayanan Publik Melalui Kompetisi Orang Muda

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Foto bersama dari perwakilan Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PAN RB dan juga Pemerintah Provinsi Jawa Timur di acara talkshow yang diadakan di Surabaya, pada Rabu (12/4/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Dalam rangka peningkatan pelayanan publik yang lebih inovatif dan inklusif Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) menggelar kompetisi Ideathon.

Turut mendukung kegiatan tersebut, yakni Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) Tata Kelola Pemerintahan yang Efektif, Efisien dan Kuat (ERAT), dan juga Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Jatim).

Diah Natalisa Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan RB menjelaskan, Ideathon merupakan kompetisi yang diadakan untuk mengajak generasi muda memberikan sumbangsih dalam menjawab tantangan pelayanan publik.

“Ideathon ini jadi wujud nyata masyarakat terutama orang (generasi) muda dapat berpartisipasi dalam perbaikan pelayanan publik dan memberi solusi nyata, sebagai wujud aspirasi atas bagaimana pelayanan publik prima yang diharapkan,” ucapnya secara daring dalam kegiatan yang berlangsung di Surabaya, Rabu (12/4/2023).

Suasana kegiatan roadshow Ideathon yang diselenggarakan oleh Kemenpan RB di Surabaya pada Rabu (12/4/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Ia menjelaskan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada September 2022, jumlah penduduk miskin di Jatim mencapai 4.236 juta orang. Dari data tersebut, jika dibandingkan dengan Maret 2022, jumlah penduduk miskin di Jatim mengalami peningkatan sebanyak 55,22 ribu orang.

“Dengan kondisi itu, kompetisi Ideathon hadir membantu Pemprov Jatim menyelesaikan tantangan pembangunan yang menjadi prioritas melalui ruang kolaborasi antara Pemprov Jatim dengan masyarakat dalam peningkatan partisipasi orang muda yang bermakna untuk pelayanan publik,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ia menyatakan bahwa Ideathon menjadi ajang penjaringan ide generasi muda rentang usia 18-35 tahun di seluruh Indonesia.

“Peserta dapat mengirimkan ide terbaiknya untuk menyumbangkan ide, mencari solusi, membantu pemerintah daerah menjawab tantangan pelayanan publik,” ucapnya.

Melalui kompetisi itu, ia berharap dapat meningkatkan kesadaran tentang pentingnya partisipasi generasi muda dalam upaya mewujudkan pelayanan publik.

“Jenis ide dapat diberikan dalam bentuk gagasan, produk, sistem, aplikasi, dan platform. Peserta dapat mengirimkan idenya mulai dari 3 April hingga 26 Mei 2023,” ujarnya.

Sementara itu, Ramliyanto Kepala Biro Organisasi Pemprov Jatim menyambut baik hadirnya penjaringan ide pelayanan publik tersebut.

“Saat ini, kita sangat bergantung pada inovasi orang-orang muda di Indonesia. Untuk itu, tunjukkan ide dan gagasan terbaik teman-teman semua, orang muda di Jawa Timur di Ideathon 2023,” ucapnya.

Sebagai diketahui, penyelenggaraan kompetisi tersebut diadakan di enam provinsi di Indonesia, yakni di Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Banten, Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Timur dan Sumatera Utara.

Sebagai pendukung kompetisi tersebut, juga diadakan roadshow bertajuk Beribu Ide dengan tema Tons fo Idea Orang Muda untuk Pelayanan Publik.(ris/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
26o
Kurs