Minggu, 3 Maret 2024

Kim Jong Un Berencana Kunjungi Putin Demi Perkuat Relasi Militer

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Kim Jong Un Pemimpin Korea Utara berjabat tangan dengan Vladimir Putin Presiden Rusia di Vladivostok, Rusia, dalam foto tak bertanggal yang dirilis pada 25 April 2019 lalu. Foto: Reuters

Kim Jong Un pemimpin Korea Utara (Korut) berencana melakukan perjalanan ke Rusia bulan ini untuk bertemu dengan Vladimir Putin Presiden Rusia dan mendiskusikan kemungkinan memasok senjata ke Moskow untuk perang di Ukraina.

Melansir Reuters, Selasa (5/9/2023), Kim akan melakukan perjalanan dari Pyongyang ke Vladivostok menggunakan kereta api lapis baja.

Saat berada di Vladivostok, kedua pemimpin akan membahas pengiriman peluru artileri dan rudal antitank dari Rusia kepada Kim untuk ditukar dengan teknologi canggih Moskow untuk satelit dan kapal selam bertenaga nuklir.

Pada saat Amerika Serikat telah menyatakan keprihatinannya tentang meningkatnya hubungan militer antara kedua negara, berita tentang rencana kunjungan Kim muncul setelah Rusia mengatakan bahwa mereka sedang mendiskusikan untuk mengadakan latihan militer bersama dengan Korea Utara.

“Mengapa tidak, mereka adalah tetangga kami. Ada pepatah Rusia kuno: Anda tidak memilih tetangga Anda dan lebih baik hidup dengan tetangga Anda dalam kedamaian dan harmoni,” ungkap Sergei Shoigu Menteri Pertahanan Rusia dalam sebuah keterangan pada hari Senin (4/9/2023) kemarin.

Ketika ditanya mengenai kemungkinan latihan bersama antara kedua negara, ia mengatakan bahwa hal itu tentu saja sedang didiskusikan.

Kantor berita Korea Selatan Yonhap sebelumnya mengutip badan intelijen Korea Selatan yang mengatakan bahwa Shoigu, yang mengunjungi Pyongyang pada bulan Juli, telah mengusulkan kepada Kim agar kedua negara mengadakan latihan angkatan laut, bersama dengan China.

Kremlin mengatakan minggu lalu bahwa Moskow bermaksud untuk memperdalam hubungan saling menghormati dengan Pyongyang, salah satu sekutu dekatnya dalam Perang Dingin dan juga salah satu dari segelintir negara yang mendukung aneksasi Rusia atas beberapa wilayah Ukraina pada tahun 2022.

Sementara itu, The New York Times juga melaporkan bahwa Kim mungkin akan pergi ke Moskow, meskipun hal itu belum pasti. (bnt/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Surabaya
Minggu, 3 Maret 2024
27o
Kurs