Sabtu, 4 Mei 2024

KM Sinabung Jadi Hotel Apung untuk Akomodasi ASN dan Wartawan Selama KTT ASEAN

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
KM Sinabung yang bersandar di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Kamis (4/5/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

KM Sinabung bakal diubah menjadi hotel apung yang menyediakan akomodasi lengkap untuk para Aparatur Sipil Negara (ASN), wartawan dan aparat keamanan yang bertugas dalam gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur selama 6-12 Mei 2023.

Tri Andayani Direktur Utama PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) telah memastikan KM Sinabung sudah siap dengan berbagai fasilitasnya. Seperti ruang kamar yang bisa diisi 2000 tamu, ruang klinik, hingga kafetaria. Bahkan 38 CCTV telah dipasang di setiap sudut kapal untuk pengawasan keamanan.

Tak hanya itu, kapal ini telah menyediakan 12 sekoci yang muat diisi 100-150 penumpang lengkap dengan pelampung keamanan.

“Kami siap melaksanakan penugasan pemerintah melalui Kementerian Perhubungan untuk mendukung dan menyukseskan acara internasional KTT ASEAN ini,” katanya saat meninjau kesiapan kapal di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Kamis (4/5/2023).

Salah satu tipe ruang kamar yang disediakan oleh KM Sinabung, Kamis (4/5/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Kapal ini pun akan berangkat ke Labuhan Bajo pada pukul 22.00 WIB hari ini. Untuk menjalankan penugasan ini, sebelumnya KM Sinabung telah melakukan omisi atau perubahan rute supaya mendapatkan perawatan khusus untuk penugasan akomodasi apung gratis.

KM Sinabung sendiri melayani rute Surabaya – Makassar – Bau Bau – Banggai – Bitung – Ternate – Bacan – Manokwari – Biak – Jayapura (PP). Kata Andayani, jadwal KM Sinabung akan kembali normal pada 13 Mei setelah gelaran KTT ASEAN selesai, via Makassar.

“Adanya KM Sinabung sebagai akomodasi gratis ini, untuk mengantisipasi keterbatasan penginapan darat di Labuan Bajo selama perhelatan KTT,” jelas Andayani.(wld/dfn/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
32o
Kurs