Selasa, 30 April 2024

Koarmada II Gelar Sailor and Citizen Interaction di Jalan Tunjungan, Perkuat Sinergi TNI AL dengan Masyarakat

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Laksamana Madya Yayan Sofiyan Panglima Koarmada II saat berada di Surabaya dalam acara Sailor and Citizen Interaction, pada Minggu (26/11/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Komando Armada (Koarmada) II menggelar kegiatan Sailor and Citizen Interaction di sepanjang Jalan Tunjungan, Surabaya pada Minggu (26/11/2023).

Laksamana Madya Yayan Sofiyan Panglima Koarmada II mengatakan bahwa kegiatan itu merupakan bagian dari rangkaian acara peringatan hari ulang tahun Koarmada II.

“Hari ini, Sailor and Citizen Interaction. Jadi, bagaimana keberadaan kita di Surabaya ini berinteraksi dengan masyarakat, seluruh prajurit kami yang ada di Surabaya, mereka itu merupakan bagian dari penduduk masyarakat Surabaya maupun Jawa Timur. Sehingga bisa kita saksikan, tidak kurang dari lima ribu warga Surabaya menyaksikan event ini, mereka melihat secara langsung alutsista-alutsista yang dimiliki angkatan laut,” ucapnya.

Kegiatan itu menyuguhkan musik dan juga beberapa penampilan dari Koarmada II untuk menghibur masyarakat Surabaya yang hadir di sepanjang Jalan Tunjungan.

Rangkaian agenda itu, kata dia, sebagai bentuk mewujudkan kedekatan dan interaksi sosial antara TNI Angkatan Laut (AL) dengan warga Jawa Timur (Jatim).

“Karena ini juga merupakan perintah dari pimpinan dari bapak kepala Staff Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali maupun dari Pangkoarmada Laksamana Madya TNI Heru Kuswanto. Perintah beliau sudah kita laksanakan, seluruh angkatan laut yang ada di Surabaya bahu-membahu menjadi satu menghibur masyarakat Kota Surabaya,” tuturnya.

Konser musik dalam Sailor and Citizen Interaction yang diadakan oleh Koarmada II di Jalan Tunjungan Surabaya, pada Minggu (26/11/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Dalam kesempatan itu, ia mengatakan bahwa sebelumnya juga telah diadakan beberapa rangkaian kegiatan seperti kejuaraan renang, ketangkasan antarsatuan dan uji kesiapan alutsista serta skill prajurit pengawal alutsista.

“Juga sudah dilaksanakan berupa kompetisi artileri yang beberapa waktu lalu dilaksanakan di Laut Jawa, dengan kecepatan tinggi high speed of fire exercise, dengan manuver abilitas yang tinggi dan kemudian dituntut kemampuan untuk memenuhi ataupun bagaimana untuk mengoperasikan peralatan-peralatan yang ada di Combat Information Center, dan bagaimana kepiawaian para perwira untuk melaksanakan,” jelasnya.

Seperti diketahui, dalam kegiatan Sailor and Citizen Interaction di Surabaya itu juga ada beberapa both TNI AL yang menampilkan senjata, alutsista hingga foto-foto kapal perang.

Dalam kegiatan itu, disambut dengan antusias oleh ribuan masyarakat. Tak sedikit dari mereka yang hadir dan mengambil foto di dekat alutsista dan mengikuti rangkaian acara musik. (ris/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
30o
Kurs