Minggu, 28 April 2024

KPK Periksa Bupati Lamongan Delapan Jam Sebagai Saksi

Laporan oleh M. Hamim Arifin
Bagikan
Yuhronur Efendi Bupati Lamongan usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (12/10/2023). Foto: Antara.

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa Yuhronur Efendi Bupati Lamongan Jawa Timur selama delapan jam sebagai saksi dalam kasus dugaan pembangunan kantor Pemerintah Kabupaten Lamongan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis (12/10/2023).

“Saya diperiksa sebagai saksi dan dalam pemeriksaan tersebut ada beberapa kali istirahat,” kata Yuhronur usai pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta seperti dilansir Antara.

Yuhronur mengaku lupa dengan jumlah pertanyaan yang diajukan penyidik KPK kepada dirinya selama pemeriksaan tersebut. Terkait tersangka dan siapa saja yang dipanggil, dia meminta awak media menunggu pengumuman KPK.

“Adalah nanti. Saya tidak enak untuk mengucapkannya,” tambahnya.

Yusronur mengatakan pemanggilan dirinya sebagai saksi dalam kasus tersebut terkait kapasitasnya saat itu sebagai sekretaris daerah Kabupaten Lamongan.

“Iya, saya waktu itu posisi sebagai sekda,” ujarnya.

Yuhronur Efendi mendatangi KPK, hari ini sekitar pukul 10.00 WIB dan keluar dari Gedung Merah Putih KPK sekitar pukul 18.19 WIB.

Usai diperiksa, Yuhronur yang mengenakan pakaian batik dikawal oleh dua petugas keamanan KPK menuju mobil jenis SUV.

Kasus dugaan korupsi pembangunan kantor Pemkab Lamongan tersebut dilakukan pada tahun 2017-2019 dengan menggunakan APBD Kabupaten Lamongan Tahun Anggaran 2017-2019.

Penyidik KPK juga telah menggeledah rumah dinas bupati dan beberapa di kantor pemerintahan di Kabupaten Lamongan beberapa waktu lalu. Dugaan korupsi itu menyangkut perbuatan melawan hukum dan memperkaya orang lain yang merugikan keuangan negara. (ant/ham/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
30o
Kurs