Jumat, 17 Mei 2024

Kunjungi Sejumlah Gereja, Wali Kota Titip Doa Jadikan Surabaya Penuh Toleransi

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya bersama Romo Markus Marcelinus Hardo Iswanto CM Kepala Gereja Katolik Kristus Raja Surabaya pada Minggu (24/12/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Surabaya kembali meninjau beberapa gereja menjelang misa Natal hari ini, Minggu (24/12/2023).

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya mengatakan dihadapan ratusan jemaat Gereja Katolik Kristus Raja bahwa siap menjamin ketenangan dan toleransi.

“Saya secara pribadi dan mewakali Pemkot Surabaya mengucapkam selamat Natal. Kehidupan di Surabaya penuh toleransi, kebahagiaan dan ketenangan umat di Surabaya adalah tujuan Forkopimda,” ujar Eri, Minggu (24/12/2023).

Eri titip doa kepada seluruh jemaat agar Surabaya terus memupuk toleransi di antara umat beragama.

“Hari ini ketika melaksanakan ibadah Natal, saya titip kepada anda semua, ketika berdoa, doakan Surabaya sebagai kota bertoleransi, kota yang saling menghargai antar umat. Semua yang hadir di sini adalah kekuatan NKRI, kekayaan persaudaraan, kekeluargaan, dan itu harus dijaga,” beber Eri.

Ratusan jemaat memenuhi Gereja Katolik Kristus Raja jelang misa Natal pada Minggu (24/12/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Doa ini, lanjutnya, harus dilantunkan umat agama apapun demi mewujudkan Surabaya sejahtera.

“Saya yakin sebuah kota kalau punya masyarakat yang selalu bergerak dengan ajaran agamanya akan mendapatkan berkah. Doa dari umat beragam dan kepatuhan kepada Tuhan maka Surabaya akan menjadi kota yang sejahtera dan aman,” jelasnya.

Sikap saling menghargai itu, menurut Eri, akan memutus perkelahian generasi penerus.

“Mari dijaga kota ini agar tetap menjunjung tinggi toleransi, demi anak cucu kita sehingga mereka bisa meneruskan terus-menerus, meneruskan tradisi penghormatan antar umat beragama,” tambahnya.

Diketahui, total tiga gereja yang ditinjau hari ini mulai dari Gereja Katolik Kristus Raja, Gereja Kristen Indonesia (GKI) Residen Sudirman, dan Gereja Katolik Santo Mikael.

Sebelumnya semalam, Eri dan jajarannya juga meninjau sejumlah pos pengamanan dan persiapan Gereja Katedral. (lta/saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
31o
Kurs