Kamis, 25 April 2024

Ledakan di Kilang Pertamina Dumai Akibatkan Lima Pekerja Terluka

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Warga Kota Dumai ketika melihat kebakaran di kilang Pertamina pada Sabtu malam (1/4/2023). Foto: Antara

Ledakan dan kebakaran di Kilang Pertamina Refinery Unit II Dumai Provinsi Riau pada Sabtu (1/4/2023) malam sekitar pukul 22.40 WIB menyebabkan setidaknya lima pekerja mengalami luka-luka.

Agustiawan Juru Bicara Pertamina RU II Dumai, Minggu (2/4/2023) dini hari, mengatakan, lima orang yang terdampak kecelakaan kerja di ruang operator tersebut sudah dibawa ke RS Pertamina Dumai untuk mendapatkan perawatan terbaik.

“Kondisi pekerja terdampak tersebut saat ini stabil,” katanya dalam sebuah pernyataan yang dilaporkan Antara.

Tim Keadaan Darurat Pertamina juga sudah berhasil mengatasi kejadian di area gas compressor Kilang Dumai, Sabtu malam sekitar pukul 22.54 WIB.

Agustiawan menambahkan, sekarang operasional kilang di unit terdampak dihentikan sementara untuk memastikan keamanan di lokasi. Sedangkan unit lain di Pertamina Dumai tetap beroperasi secara normal.

Penyebab kejadian masih belum diketahui. “Saat ini tim terus fokus untuk memastikan kondisi aman. Pertamina Kilang Dumai juga terus melakukan pemantauan untuk memastikan agar masyarakat di sekitar kilang tidak terdampak oleh kejadian ini,” kata Agustiawan.

Kebakaran tersebut sebelumnya disertai beberapa ledakan yang terdengar dari jarak hingga lebih 25 kilometer.

Ledakan itu juga berdampak pada sejumlah bangunan yang ada di sekitarnya, antara lain rumah warga mengalami pecah kaca, dinding retak-retak dan plafon masjid berjatuhan.

Agustiawan memastikan Pertamina akan bertanggung jawab atas dampak insiden tersebut.(ant/dfn/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs