Sabtu, 4 Mei 2024

Mabes Polri bersama Polda Jatim Tanam Pohon di Kenjeran Park

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Mabes Polri, Polda Jatim, bersama stakeholder sedang menanam pohon di Kenjeran Park, Surabaya, pada Jumat (18/8/2023). Foto: Istimewa

Mabes Polri, Polda Jatim dan stakeholder terkait merayakan Hari Kemerdekaan ke-78 RI dengan menanam berbagai jenis pohon di wilayah Kenjeran Park, Jumat (18/8/2023).

Brigjenpol Nurworo Danang Karo Dalpers SSDM Polri didampingi Kombespol Harry Kurniawan Karo SDM Polda Jatim menyatakan kegiatan penanaman pohon dalam upaya penghijauan itu dilaksanakan serentak di sejumlah wilayah Indonesia.

“Ini adalah bagian dari soft launching dari penanaman pohon secara serentak oleh bapak AS SDM Polri yang dilakukan di sepuluh lemdiklat dan juga polda-polda jajaran,” ujar Danang dalam keterangan yang diterima suarasurabaya.net, Jumat (18/8/2023).

“Saya mewakili Polda Jatim melakukan penanaman pohon di kawasan Kenjeran Park. Ada beberapa jenis pohon yang ditanam antara lain, pohon tabebuya untuk pohon keindahan dan pohon bakau yang ditanam di kawasan hutan mangrove untuk kelestarian ekosistem,” tambah Danang.

Danang menyebutkan, upaya penanaman pohon sejak dini ini adalah untuk menjaga kelestarian alam dan ekosistem, mengingat iklim dunia sedang berubah dan kemarau panjang sudah dekat.

“Akibatnya juga berdampak berkurangnya sumber air, berkurangnya pengairan untuk pertanian dan juga berkurangnya sumber air bersih. Yang menyebabkan kekurangan kebutuhan masyarakat sehari-hari. Nah, dampak dari kurangnya air juga berakibat mudah terbakarnya lahan dan hutan di beberapa wilayah di Indonesia,” tuturnya.

Untuk memaksimalkan upaya penghijauan ini, Polri bekerja sama dengan stakeholder terkait agar penghijauan bisa lebih maksimal dan merata.

“Hal ini tak lain untuk menjaga lingkungan kita asri dan memastikan ketersediaan air bagi masyarakat. Selain di Kenjeran, ada beberapa wilayah yang dilakukan upaya serupa. Kami juga laksanakan di seluruh Polres Jajaran Polda Jatim. Ada 39 Polres jajaran yang kami instruksikan melakukan upaya penghijauan ini,” tegas Danang.

Pada puncak acara, yakni ASEAN Ministerial Meeting, Jenderal Listyo Sigit Prabowo Kapolri akan memimpin secara langsung di Labuhan Bajo. (bnt/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
26o
Kurs