Senin, 29 April 2024

Mahasiswa ITS Juara Konsep Mobil Formula E Skala Internasional

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Tim Anargya ITS Sabet Enam Gelar Juara di Formula Bharat Pi-EV 2023. Foto: ITS

Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yang diwakilkan Tim Anargya, menjuarai kompetisi merancang mobil formula dalam Formula Bharat 7th Annual FSEV Concept Challenge (Pi-EV 2023).

Nalendra Nuswantoro Staf Tractive System and Controller Tim Anargya ITS mengatakan, timnya mengamankan juara pertama Team Management Strategy, juara pertama Engineering Design Event, juara kedua Procurement Strategy, Best Battery Design, dan Best Powertrain Package.

“Melalui raihan lima gelar tersebut, Anargya ITS sukses membawa pulang juara pertama Overall Event dan mengungguli 10 tim internasional lainnya,” ujarnya melalui keterangan di Surabaya pada Selasa (8/8/2023), yang dilansir Antara.

Ale yang merupakan salah satu perwakilan Anargya menyebut, inovasi yang dibawa timnya dalam kompetisi yang diselenggarakan di India ini merupakan inovasi terbaru dengan beberapa pengembangan dari inovasi kompetisi sebelumnya.

“Kami melakukan peningkatan performa dan keamanan mobil listrik sehingga lebih baik dari tahun lalu,” kata Ale.

Mahasiswa Departemen Teknik Elektro ITS ini juga menjelaskan terkait pengembangan desain mobil listrik dari tahun sebelumnya.

Di antaranya seperti peningkatan kecepatan maksimum mobil hingga 121 kilometer per jam yang disertai pasokan energi dari energy storage. Juga memenuhi kualifikasi perlombaan Formula Society of Automotive Engineers (FSAE).

Tidak hanya itu, mobil rancangan tim Anargya ITS ini juga menggunakan teknologi regenerative braking yang mampu memanfaatkan kembali energi yang terbuang untuk mengisi ulang daya baterai kendaraan.

Mobil juga dilengkapi sistem monitoring jarak jauh untuk memantau kondisi mobil secara akurat saat melaju. Guna meningkatkan performa, mobil rancangan Anargya ITS ini juga menambahkan cooling system dan sekring pada internal baterai.

“Selain itu, dalam procurement atau pengadaan barang, tim kami juga meraih skor tinggi dalam manajemen pengadaan barang, clarity and consistency, dan alokasi anggaran,” ucap Ale.

Dengan prestasi yang sudah diraih dalam kompetisi ini, bisa menjadi loncatan Tim Anargya ITS dalam mempersiapkan berbagai perlombaan yang akan diikuti ke depannya.

“Khususnya FSAE Japan 2023 yang akan diselenggarakan akhir Agustus nanti,” tutur Nalendra. (ant/fra/saf)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
31o
Kurs