Selasa, 16 Juli 2024

Megawati Bakal Resmikan Kebun Raya Mangrove Gunung Anyar

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Kebun Raya Mangrove Gunung Anyar bakal jadi Kebun Raya Mangrove Nasional, Senin (24/7/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Megawati Soekarnoputri Ketua Yayasan Kebun Raya Indonesia (YKRI) dan Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) akan meresmikan Kebun Raya Mangrove Gunung Anyar di Surabaya pada Rabu (26/7/2023) ini.

Untuk mempersiapkan peresmian, Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya meninjau lokasi hari ini.

“Insyaallah (peresmiannya) jam 10.00 WIB oleh ketua Dewan Pengarah BRIN (Megawati Soekarnoputri), beliau juga ketua yayasan kebun raya,” ujar Eri pada Senin (24/7/2023).

Usai diresmikan, Kebun Raya Mangrove Gunung Anyar tak hanya untuk wisata, tetapi juga menjadi pusat edukasi, riset dan konservasi mangrove.

“Insyaallah akan ada pengembangan oleh masyarakat dan komunitas, hasilnya bisa mengurangi kemiskinan,” ungkap dia.

Sekedar diketahui, Kebun Raya Mangrove Gunung Anyar itu memuat 57 spesies mangrove. Ke depan akan ada kerja sama dengan hutan mangrove di daerah lain untuk menanam jenis mangrove di Gunung Anyar untuk menambah variasi.

“Kalau misal ada jenis mangrove lain kita akan ambil, kita minta bibit kita taruh bibitnya. Sehingga, kebun raya ini semakin sempurna dengan semua jenis mangrove lain,” ungkap dia.

Selain tanaman mangrove, wisata ini juga menyediakan beragam wahana. Seperti ATV, Jetzki hingga perahu wisata.

Sementara, Muhamad Amin Plt Direktur Riset dan Inovasi BRIN berharap kebun raya Kebun Raya Mangrove Gunung Anyar menjadi wadah penelitian perguruan tinggi. Dari 46 kebun raya yang ada di Indonesia, lanjutnya, belum ada kebun raya mangrove.

“Dari 46 kebun raya di Indonesia kebun raya mangrove kita belum punya, maka ini menjadi kebun raya mangrove secara nasional,” terang dia.

Ia berharap pemerintah kota bisa eksplorasi berbagai jenis mangrove dari seluruh Indonesia untuk ditanam di Gunung Anyar.

“Kalau ada masyarakat umum ingin berwisata atau mencari pengetahuan tentang mangrove dari wilayah mana bisa ke sini. Ini satu-satunya center untuk budidaya mangrove,” tutur dia.

Amin menambahkan, aksesibilitas juga menjadi pertimbangan mengapa Gunung Anyar dipilih sebagai kebun raya mangrove nasional. Kebun Raya Mangrove Gunung Anyar terletak di perkotaan yang mudah dijangkau masyarakat.

“Kami berharap pengunjung banyak, bisa menambah tingkat pendapatan masyarakat, UKM ini masyarakat sekitar yang diberdayakan. Itu salah satu kelebihannya, kenapa kebun raya mangrove ini sepakat untuk dilaunching ya itu tadi aksesibilitas cukup mudah,” jabarnya. (lta/saf/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Selasa, 16 Juli 2024
30o
Kurs