Selasa, 30 April 2024

Banyak Koleksi Museum Nasional Indonesia yang Utuh Pascakebakaran

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Tangkapan layar situasi kebakaran di Museum Nasional atau Museum Gajah yang terletak di Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat pada Sabtu (16/9/2023). Foto: Humas JakFire/Antara

Ahmad Mahendra Pelaksana Tugas Kepala Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya menyebut sejumlah koleksi di Museum Nasional Indonesia usai terdampak kebakaran gedung, masih banyak yang utuh.

“Informasi sementara, ternyata banyak yang masih utuh tapi tentu ada kerusakan-kerusakan,” ujar Mahendra dilansir dari Antara pada Selasa (19/9/2023).

Mahendra, mengatakan tim identifikasi yang terbentuk atas kurator dan konservator tersebut tengah bekerja untuk mengumpulkan data-data koleksi cagar budaya yang terdampak.

Selain itu, proses evakuasi akan segera dilakukan di lima ruangan terbakar yang sudah diperbolehkan perizinannya dari Puslabfor Mabes Polri.

Oleh karenanya, Museum Nasional Indonesia juga berupaya membuka jalur komunikasi dengan tim konservasi cagar budaya untuk evakuasi sejumlah koleksi terdampak pascakebakaran gedung.

“Karena sudah mulai akan evakuasi, kita sudah membuka komunikasi dengan tim-tim ahli yang paham soal konservasi, soal evakuasi. Kita juga meminta para ahli untuk membantu soal penanganan koleksi-koleksi kita,” ujar Mahendra.

Untuk proses evakuasi, pihak Museum Nasional Indonesia telah mempersiapkan ruangan khusus untuk mengevakuasi sejumlah koleksi yang terdampak dari ruang yang terbakar.

Data mengenai jumlah dan jenis koleksi yang telah dievakuasi akan disampaikan dalam pernyataan pers berikutnya.

Di sisi lain, total 16 orang saksi telah dipanggil oleh pihak kepolisian untuk agenda pemeriksaan penyebab kebakaran gedung A dari kompleks Museum Nasional Indonesia hingga keterangan pers ini disiarkan. (ant/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
28o
Kurs