Senin, 29 April 2024

Menkes: Masyarakat Tidak Perlu Khawatir dengan Virus Corona Varian Eris

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Ilustrasi virus Covid-19

Budi Gunadi Sadikin Menteri Kesehatan (Menkes) RI mengatakan, Virus Corona varian baru yang diberi nama julukan Eris sudah masuk wilayah Indonesia.

Menurutnya, virus tersebut sudah terdeteksi keberadaannya di Tanah Air dua bulan lalu atau sekitar bulan Juni 2023.

“Varian baru itu memang sudah ada di Indonesia. Sudah dari dua bulan lalu,” ujarnya siang hari ini, Rabu (9/8/2023), usai menghadiri Rapat Kabinet Paripurna, di Istana Kepresidenan Jakarta.

Walau penyebarannya lebih cepat ketimbang virus varian lain yang sudah lebih dulu muncul, Budi Gunadi minta masyarakat tidak perlu khawatir.

Untuk mencegah terinfeksi virus tersebut, Menkes mengingatkan masyarakat tetap menerapkan pola hidup sehat, dan menjaga kebersihan lingkungan.

Sekadar informasi, Virus Corona EG 5.1 atau varian Eris adalah turunan dari Omicron yang oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) masuk klasifikasi varian yang diawasi.

Sejauh ini, WHO menyatakan Eris yang pertama kali teridentifikasi di Inggris bukan varian Virus Corona yang perlu dikhawatirkan.

Gejala umum pasien yang terinfeksi Covid Eris hampir sama dengan orang yang positif Covid-19, di antaranya pilek, sakit kepala, sering bersin, sakit tenggorokan, dan merasa kelelahan ringan hingga berat.(rid/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs