Selasa, 7 Mei 2024

Mural Botol Plastik Widya Mandala Surabaya Wujud Komitmen Green Campus

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Para Mahasiswa baru UKWMS saat mengikuti Eco Activity di Kampus UKWMS Pakuwon, Surabaya, Jumat (8/9/2023). Foto : Dovan magang suarasurabaya.net

Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) memperingati komitmen untuk menjadi Green Campus dengan merangkai sebuah mural yang dihiasi dengan botol plastik bekas.

Peringatan tersebut dilakukan juga sebagai salah satu rangkaian acara Wimates O2 Festival (WO2F) yang dilaksanakan di Lapangan UKWMS Pakuwon Surabaya, pada Jumat (8/9/2023) sore.

“Mural ini untuk Eco Activity dan juga sebagai simbol bagi seluruh civitas yang terdiri dari berbagai fakultas dan prodi untuk GoodBye ke lingkungan lama, dan welcome to the new condition, which is better for human life,” ungkap Kuncoro Foe Rektor UKWMS kepada suarasurabaya.net.

Selaras dengan semboyan UKWMS, sambungnya, kegiatan ini mengajarkan agar para civitas tidak hanya belajar demi ilmu saja, melainkan juga demi kehidupan, salah satunya lingkungan hidup.

Ia juga mengingatkan, selain harus membiasakan membawa tumblr, perlu juga disiplin dalam membuang sampah di tempatnya untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih.

“Yuk, kita harus saling mengingatkan kalau ada yang membuang sampah tidak tepat. Kadang dosen pun juga harus diingatkan, selama diingatkan dengan etika yang baik,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Juan Filbert Fernando ketua pelaksana menyebut bahwa WO2F merupakan penyambutan dari Dies Natalis ke-63 UKWMS.

“Selain menyambut mahasiswa baru, kita juga ingin bergerak sebagai komitmen utama kita untuk menjalankan Eco Activity, yaitu Eco Green Campus,” katanya.

Terkait botol plastik yang digunakan untuk mural, Juan mengungkapkan ada 11 fakultas di UKWMS dan tiap fakultas minimal memberikan 250 botol plastik. Untuk kampus Madiun, botol plastik itu dikirimkan ke kampus Surabaya.

Juan juga mengatakan papan mural tersebut nanti akan dipajang sebagai pengingat terkait apa yang sudah dilakukan tahun ini (2023).

“Kita memulai dari antusiasme, kita mulai dari hal-hal kecil, tapi bisa memberikan makna yang berarti,” imbuhnya.

Sekadar informasi, WO2F juga ikut dimeriahkan oleh salah satu band ternama, Hivi! yang bakal tampil Jumat malam ini. (bnt/fra/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
25o
Kurs