Selasa, 7 Mei 2024

ODGJ Liponsos Surabaya Lomba Bakiak dan Balap Karung HUT Ke-78 RI

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Lomba balap karung ODGJ penghuni Liponsos Keputih Surabaya, Selasa (8/8/2023). Foto: Diskominfo Kota Surabaya Lomba balap karung ODGJ penghuni Liponsos Keputih Surabaya, Selasa (8/8/2023). Foto: Diskominfo Kota Surabaya

Orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di UPTD Lingkungan Pondok Sosial (Liponsos) Keputih Kota Surabaya ikut menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI) kemarin, Selasa (8/8/2023) dengan lomba bakiak dan balap karung.

Anna Fajriatin Kepala Dinas Sosial Kota Surabaya menyebut, para peserta merupakan ODGJ dengan kategori tertentu.

“Dalam rangka merayakan 17 Agustus (HUT ke-78 RI), semua warga Negara Indonesia termasuk ODGJ yang ada di Liponsos Keputih ini dengan kategori tertentu, kami ikutkan lomba. Sebab, mereka memiliki semangat yang sama dengan kami,” kata Anna, Selasa (8/8/2023).

Total ada 100 hingga 200 ODGJ dengan kategori yang bisa dikendalikan, yakni mereka berasal dari barak D dan E. Mereka jadi peserta bergilir dalam setiap kategori perlombaan mulai 7-9 Agustus 2023.

“Kami sudah mengatur jenis perlombaan, di mana setiap sore ada kegiatan lomba. Itu adalah salah satu bentuk penyembuhan. Lomba ini bagian dari aktivitas mereka, karena sebetulnya mereka harus diajak beraktifitas,” jelasnya.

Selain meningkatkan semangat kemerdekaan, Anna menyebut, para penghuni Liponsos Keputih Surabaya juga punya jiwa nasionalisme yang tinggi.

“Mereka juga bisa melakukan hal yang sama dengan kami. Mereka dulu adalah orang yang sama dengan kami, kemudian dengan kondisi tertentu, saat ini mereka ada sedikit gangguan. Tapi dia punya rasa nasionalisme yang kuat juga,” ujar dia.

Lomba bakiak panjang oleh ODGJ penghuni Liponsos Keputih Surabaya, Selasa (8/8/2023). Foto: Diskominfo Kota Surabaya
Lomba bakiak panjang oleh ODGJ penghuni Liponsos Keputih Surabaya, Selasa (8/8/2023). Foto: Diskominfo Kota Surabaya

Selain di Liponsos Keputih Surabaya, Dinsos Surabaya juga mengadakan gelaran menyambut HUT ke-78 RI di Griya Werdha bagi para lansia, serta di Kampung Anak Negeri atau Liponsos Kalijudan Surabaya bagi anak-anak berkebutuhan khusus.

“Jadi seluruh warga yang ada di UPTD, kami ikutkan untuk lomba 17 Agustus (HUT ke-78 RI),” kata dia.

Selain menyemarakkan HUT ke-78 RI, Dinsos Surabaya berharap bisa segera melaunching Cuci Motor Keliling, yaitu jasa cuci kendaraan yang akan dilakukan oleh para penghuni Liponsos Keputih Surabaya.

“Amanah dari Pak Wali Kota (Eri Cahyadi) bahwa kami punya E-peken. Di seluruh UPTD kami sudah punya E-peken, nanti cuci motor masuk ke E-peken dengan bentuk jasa cuci motor. Insya Allah dalam waktu dekat ini, dalam rangka peringatan Hari Kemerdekaan,” ungkap dia.

Nantinya, Dinsos Surabaya akan memperkenalkan jasa cuci motor tersebut di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terlebih dahulu. Yaitu menyasar kantor Dinsos Surabaya, puskesmas, hingga kantor kelurahan dan kecamatan.

“Kami akan mendampingi, sementara di area lingkup OPD Pemkot Surabaya karena kami harus memperkenalkan ini di lingkungan Pemkot Surabaya. Nantinya, hasil dari jasa cuci motor tersebut akan masuk ke dalam tabungan mereka,” pungkasnya. (lta/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
29o
Kurs